News  

Update News: Kebakaran Di komplek Pasar Inpres Sintang Hanguskan Belasan Ruko

Update News: Kebakaran Di Komplek Pasar Inpres Sintang Hanguskan Belasan Ruko

Liputan4.com Sintang,Kalbar – Kejadian musibah kebakaran yang menghanguskan 14 ruko di kawasan Pasar Junjung Buih / Pasar Inpres, Jalan Partisipasi tersebut terjadi pada Sabtu dini hari (30/1/2021) sekitar pukul 01. 50 wib. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian musibah kebakaran itu, namun kerugian di perkirakan sekitar 10 miliyar rupiah.

Penyebab terjadinya kebakaran saat ini masih belum di ketahui dan masih dalam proses penyelidikan Polres Sintang.


Adapun kebakaran tersebut yang terdampak sejumlah 14 ruko yang terbakar dengan rincian sebagai berikut.

Apotik Husada sebanyak 2 pintu, toko Dinasus sebanyak 1 pintu, toko pakaian Ema sebanyak 1 pintu, toko pakaian Bude sebanyak 1 pintu, rumah makan Kak Ida sebanyak 1 pintu, toko Emas Cahaya Logam sebanyak 1 pintu, toko Buku Putri Karet sebanyak 2 pintu warung Kopi Sari Wangi sebanyak 1 pintu, oko klontong Yani sebanyak 2 pintu, toko Sayur Bhu-Dhe sebanyak 2 pintu.

Pada pagi harinya pasca kejadian,  Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH langsung turun untuk meninjau lokasi kebakaran di kawasan Pasar Junjung Buih / Pasar Inpres, Jalan Partisipasi, Kelurahan Tanjung Puri, Kec. Sintang, Sabtu (30/1/2021) pagi.

Menurut Jarot Winarno kebakaran terjadi dalam beberapa bulan telah terjadi ditempat yang sama di pasar Inpres, seperti juga kebakaran yang terjadi di wilayah tugu BI terjadi kebakaran terjadi juga dua kebakaran ditempat yang sama pula pada 2019 dan 2020.

“Kesimpulan saya adalah yang pertama,bahwa kejadian kebakaran bukan hanya memberikan pelajaran kepada kita, tetapi buat yang lain juga agar lebih waspada, yang kedua memang instalasi listrik tempat kita ini sangat buruk,” ujarnya

Lebih lanjut Jarot Winarno menyebutkan kesimpulan dari kejadian “yang ketiga ya kita sama – sama berharap penyidik dapat mengungkap apa penyebab dari kebakaran – kebakaran yang terjadi selama ini”.

“Kira – kira apa kesimpulannya sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang beserta seluruh sektor yang terkait, bisa dari sejak awal kita bisa memperbaiki,”imbuhnya.

Kemudian lanjutnya memperbaiki semuanya memperbaiki instalasi listrik, penataan bangunan yang lebih baik, kira -kira demikianlah.

“Saya turut prihatin dengan kejadian kebakaran ini Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang siap memfasilitasi, akan segera kita mendirikan bangunan namun ada beberapa yang harus kita benahi,” jelasnya.

Kondisi jarak bangunan pasar inpres dengan Rumah sakit Ade M Jhon Sintang sangat berdekatan sehingga hal tersebut harus dibenahi.

“Mudah – mudahan dengan ijin mendirikan bangunan (IMB) yang baru nanti sedang dari tahun 1994 lalu sudah diatur maka semoga jarak juga dari rumah sakit bisa di benahi nantinya,” tutup Jarot Winarno.

Artikel terkait : Kebakaran Terjadi di Komplek Pasar Inpres Hanguskan 14 Ruko Kapolres Sintang Tinjau Kelokasi