Upaya Melepas Tongkang Yang Tersangkut Batu, Berujung Serempet Rumah Warga

Upaya Melepas Tongkang Yang Tersangkut Batu, Berujung Serempet Rumah Warga
STIK FAMIKA

*LIPUTAN4.COM, TENGGARONG* – Kapal tongkang Indo Sukses 36 tidak sengaja menyerempet bagian belakang rumah warga di Kelurahan Loa Tebu, RT 17, Kecamatan Tenggarong pada Sabtu (5/12/2020) siang.

Kapal tongkang tersebut diketahui mepet ke rumah warga pada dini hari tadi, kemudian tersangkut hamparan batu yang ada di dasar perairan kawasan tersebut. Hingga pada pukul 10.00 WITA, kapal tagboad MTS 36 dibantu kapal MTS 34 berupaya untuk melepaskan kapal tagboad dari posisi tersangkut.


Manuver kedua kapal tersebut menyebabkan kapal tugboat tidak terkendali dan menghantam bagian belakang rumah warga.

“Kemudian pas jam 11.30 WITA, itu menghantam rumahnya Ibu Triah dan rumahnya pak Ian,” ujar anak salah seorang pemilik rumah, Bahtiar Efendi kepada Liputan4.com

Kemudian kedua kapal tagboat tadi melakukan manuver untuk kedua kalinya. Upaya tersebut pun berhasil melepaskan tagboad dari hamparan batu, namun cukup dramatis karena hampir kembali menabrak rumah warga.

Toilet, pelataran pelabuhan belakang rumah, dan satu perahu ketinting milik warga mengalami rusak ringan akibat kejadian ini. Kemudian tidak ada korban jiwa.

“Harapannya mungkin pihak perusahaan maupun tugboat itu bisa mengganti kerusakan akibat kejadian ini. Estimasi biaya ini belum tau, karena bahan bakunya kayu semua,” pungkasnya.

Print Friendly, Pdf & Email