x

Untuk Mendukung Pemerintah, Dua Dokter Spesialis di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Siap Layani Poli Paru

waktu baca 2 menit
Selasa, 25 Jun 2024 22:08 0 47 SYARIF HIDAYAT

Liputan4.com, Sumenep – Demi mendukung pemerintah daerah dalam bidang pelayanan kesehatan. RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyediakan berbagai poli, salah satunya adalah Poli Paru.

Poli paru saat ini dilayani oleh 2 dokter spesialis paru yaitu dr. Andri Dwi Wahyudi, dan dr. Renny Irviana Eka Tantri.

Layanan kesehatan di poli paru RSUD Dr. H. Moh Anwar Sumenep dilakukan setiap hari. Setiap hari senin s/d sabtu jam 07.00 WIB sd 14.00 Wib.

Sementara itu, Dokter Spesialis Paru RSUD. dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Andri Dwi Wahyudi, menerangkan bahwa, layanan di Poli Paru RSUD tidak hanya tentang paru-paru saja melainkan semua penyakit paru dan saluran pernapasan misal Asma, PPOK, TBC, Tumor Paru, Pneumonia, infeksi saluran nafas bawah, batuk darah, sesak nafas dll.

“RSUD juga sudah jadi rujukan untuk TBC resisten/ kebal obat dan susah ada semua sarana penunjang seperti poli khusus TB resisten obat, gazebo untuk ruang tunggu pengawasan minum obat. Obat-obat terbaru untuk tbc resisten/ kebal obat,” jelasnya, Senin (10/6/2024).

Dokter Spesialis Paru RSUD. dr. H. Moh. Anwar Sumenep ini mengungkapkan, banyak penyakit yang dapat mengurangi kapasitas paru.

“Banyak yang menyebabkan kapasitas paru paru misal adanya tumor, Abses, Fibrosis paru, Efusi pleura atau cairan pleura, Massa mediastinum dll,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Dokter Spesialis Poli Paru dr. Renny Irviana Eka Tantri memaparkan jumlah pengunjung tahun 2024 berjalan ini mencapai ribuan pengunjung.

“Jumlah pengunjung sebanyak 2787 pasien dari Januari sd Mei 2024,” bebernya.

Lanjut ia menjelaskan, untuk menurunkan resiko penyakit paru, pihaknya menyarankan kepada masyarakat untuk berhenti merokok, pola hidup sehat dengan Vaksin BCG untuk pencegahan penyakit dan makan makanan yang bergizi.

“Juga jika sedang sakit dan ada keluhan batuk, untuk beretika batuk dengan memakai masker dan sering cuci tangan,” tutupnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x