PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Unit Dikyasa Polres Sergai Gelar Perpustakaan Keliling Ke Pelosok Desa

Pewarta: Sarianto Damanik Topik: Sumatera Utara
  • Bagikan
Unit Dikyasa Polres Sergai Gelar Perpustakaan Keliling Ke Pelosok Desa

LIPUTAN4.COM, SERGAI – Dimasa pandemi covid-19, Unit Dikyasa Satlantas Polres Sergai, Polda Sumut, menggelar perpustakaan keliling di perkampungan, tepatnya Dusun I Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Sergai. Kamis(19/8/2021).

Dalam giat perpustakaan keliling
di perkampungan dalam rangka berikan himbauan Dikmas dan Sosialiasi pencegahan virus Corona (Covid-19) ke anak anak yang sedang diliburkan.

Kasat Lantas Polres Sergai AKP Agung Basuni kepada wartawan mengatakan giat unit Dikyasa Satlantas Polres Sergai dalam rangka memberikan penerangan tentang pencegahan penularan virus corona sebagai bagian dari pelayanan polri.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak yang berada di perkampungan, Pinggiran kota saat sekolah libur panjang akibat pandemi Virus Corona Covid 19,”ucap AKP Agung Basuni.

Sambung Agung, selain unit Dikyasa juga memberikan masker kepada Anak -anak serta mengharuskan mencuci tangan dengan sabun sebelum memulai membuka perpustakaan keliling.

Hal ini untuk meningkatkan minat baca bagi anak – anak khususnya yang berada di pedesaan, pinggiran kota, Pinggiran Sungai serta menambah ilmu pengetahuan umum, serta memberikan pelajaran tentang protokol kesehatan menghadapi Virus Corona sekarang ini.

Selanjutnya, memberikan pengetahuan kepada anak – anak tentang tertib berlalu lintas dengan mengenalkan rambu-rambu lalu lintas serta buku – buku tentang tertib berlalu lintas, serta buku buku pengetahuan lain.

Kemudian memberikan contoh kepada anak – anak tentang tata cara mengunakan masker yang baik dan benar agar di terapkan di lingkungan bila beraktivitas di
luar rumah serta memberikan pertanyaan tentang pengetahuan umum kepada anak – anak dan yang bisa menjawab di berikan hadiah,”ujar Kasat Lantas Polres Sergai.

Selain itu, lanjut Agung, unit Dikyasa juga mengajarkan / Menyanyikan Lagu -lagu Nasional kepada anak-anak dengan maksud memupuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air,”ujarnya.

Adapun anak anak yang diliburkan sekolah di tengah Pandemi yakni kelas 1, 2 , 3 dan 4. 5.6. Selain itu warga masyarakat sekitar yang melihat kegiatan perpustakaan keliling.

“Materi yang kita berikan agar bersama- sama kita melakukan pencegahan terhadap virus corona dan lakukan pembersihan diri, cuci tangan, gunakan sabun/antiseptik.

Semprotkan desinfektan ke ruangan dan barang – barang yang sering disentuh serta di pegang antara lain : gagang pintu, gagang kursi, dan benda lain yang rentan di pegang oleh tangan kita / orang lain.

“Bagi para orang tua beserta anak sekolah agar Mengamankan diri dirumah dengan berdiam diri untuk tidak keluar rumah supaya tidak rentan tersentuh oleh virus corona”ungkap AKP Agung Basuni.

Ia menambahkan, maksud dan tujuan yakni memberikan sosialisasi kepada anak – anak sekolah yang diliburkan agar secara bersama sama mencegah tersebarnya virus corona dimulai dari diri sendiri, keluarga dan orang lain.

Memberikan pengetahuan tentang tertib berlalu lintas di usia dini serta penerangan tentang wabah global virus corona sebagai upaya pencegahan virus covid 19 (virus corona) dan Memberikan transfer pengetahuan tentang langkah langkah pencegahan sampai himbauan dengan harapan bisa diterima anak sekolah yang diliburkan.

Selain itu, kata Agung.Mengurangi kejenuhan dari anak- anak yang libur sekolah cukup lama serta membangkitkan gairah belajar walaupun dalam situasi dinamis saat ini (Covid 19)”ungkapnya.

Kegiatan perpustakaan keliling
dan sosialisasi virus corona berjalan dengan lancar dan baik. Bahkan Anak – anak Serta masyarakat sekitar menyambut positif upaya dari kepolisian tentang COVID – 19 yang sudah menjadi pandemi. (Dmk)

Sumber : Kasi Humas Polres Sergai

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan