PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Unik, Cara Forum TBM TTS Dan STAKAS Soe Rayakan HUT RI

Pewarta: Simron Yerifrans Topik: NTT, Peristiwa
  • Bagikan
Unik, Cara Forum TBM TTS Dan STAKAS Soe Rayakan HUT RI

Foto : Forum TBM TTS Dan STAKAS  Soe Rayakan HUT RI

Liputan4.com , Soe-TTS

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke -76  Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya selalu jadi bulan yang meriah di Indonesia karena seluruh warga di berbagai penjuru Indonesia sangat antusias untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Namun perayaan HUT ke – 76 pada tahun 2021 ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan tidak semua warga turut hadir dalam upacara bendera yang diselenggarakan baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten dan juga tingkat Provinsi.

Kendati masih dalam situasi pandemi Covid-19 namun tak mematahkan semangat para warga untuk memeriahkannya, salah satunya yang dilakukan oleh Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten TTS melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cendekiawan SoE dan Sekolah Tinggi Agama Kristen Arastamar (STAKAS) SoE yamg dilakukan secara unik dan seru yang berlangsung di RT. 10/ RW. 04, Desa Tublopo, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan, pada Selasa (17/08/21).

Dikatakan unik karena dalam perayaan tersebut tidak dilaksanakan seperti upacara biasanya namun kedua lembaga itu mengemasnya secara sederhana yang mana dalam pengibaran bendera merah putih hanya satu orang yang membawa bendera yang telah diikat terlebih dahulu pada bambu sementara anak-anak bimbingan dari TBM Cendekiawan SoE yang lainnya mengikuti dari belakang sambil meneriakkan kata Merdeka, Merdeka, Merdeka,

Kurang lebih jarak 50 meter mereka mengarak bendera merah putih dan menanam tiang beserta bendera yang dibawakan di tengah barisan para mahasiswa dan para pengurus Forum TBM yang ada.

Selain Pengibaran Bendera Merah Putih, yang diiringi lagu Indonesia Raya, pembacaan teks UUD, pembacaan teks Pancasila, juga diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya pembacaan puisi oleh anak-anak di TBM Cendekiawan dan para mahasiswa dari STAKAS SoE.

Usai rangkaian upacara bendera  yang dikemas secara sederhana itu dilanjutkan dengan lomba makan kerupuk yang diikuti oleh anak-anak di TBM Cendekiawan SoE juga diikuti oleh para Mahasiswa yang ada itu berlangsung seru karena antusiasme anak-anak dalam mengikuti perlombaan tersebut. Walaupun di rayakan secara sederhana tapi tidak mengurangi semangat anak-anak serta mahasiswa yang hadir untuk tetap mengikuti acara ini secara baik dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Forum Taman Baca Masyarakat ( FTBM) SoE, Lefinus Asbanu, dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam perayaan HUT ke 76 RI pada tahun ini juga merupakan momen Refleksi bagi kita semua terutama dalam dunia pendidikan karena proses KBM tidak berjalan begtu lancar karena pandemi Covid-19, karena itu diharapkan agar tidak lengah dalam belajar karena Hanya melalui Literasi kita dapat mengembangkan berbagai hal.

” literasi merupakan salah satu gerbang besar, untuk kita bisa mempertahankan bangsa dan negara ini, karena itu saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya, dan saya berharap, akan dengan adanya TBM yang sudah menginisiasi untuk melakukan ini, terus menggelorakan, agar bersama-sama membumikan literasi, di wilayah kita tercinta terkhususnya di kabupaten Timor Tengah Selatan, karena saya melihat ini adalah sebuah hal yang sangat bagus sekali” jelas  Lefinus.

Sementara Ketua TBM Cendekiawan SoE, Thomas Kabu, S.Pd, ketika di wawancarai seusai pelaksanaan kegiatan menjelaskan bahwa” pelaksanaan ini sangat luar biasa, karena ada dukungan dari adik-adik yang sudah kami lakukan pendampingan, juga ada dukungan dari teman-teman  mahasiswa STAKAS SoE, orang tua, teman sahabat pegiat literasi dan adik-adik yang sudah kami dampingi dan membimbing mereka”, jelas Thomas.

Pantauan media ini, dalam pelaksanaan kegiatan perayaan tersebut dihadiri Ketua Sekolah Tinggi Agama Kristen Arastamar ( STAKAS) SoE, Phidolidja Tamonob, M.Pd, Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat ( FTBM) Kab. TTS, Lefinus Asbanu, dan Badan Pengurus TBM Cendekiawan bersama anak-anak dampingan serta mahasiswa-mahasiswi STAKAS  SoE.

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan