x

Uang 50 Juta Raib, Anak Gagal Jadi Prajurit TNI, Fransiska Polisikan Efendi Djogo

waktu baca 3 menit
Selasa, 28 Mei 2024 15:01 0 479 ERIK SANU

Ket, Foto: Nampak Franciska Nakamnanu  didampingi suami dan anaknya saat membuat laporan di Ruang SPKT Polres TTS 

LIPUTAN4.COM. SOE -TTS- Seorang ibu rumah tangga (IRT) di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) melaporkan Eferitus Efendi. M. Jogo ke polisi lantaran melakukan tindak pidana penipuan yang berdalih memasukkan anaknya menjadi seorang prajurit TNI AL, Selasa (28/5/2024).

Eferitus Efendi Jogo menjanjikan kelulusan dari anak dang ibu asalkan menyerahkan uang senilai Rp. 50 juta. Mereka sepakat uang dikembalikan bila sang anak tidak lulus.

Faktanya, sang anak tidak lulus prajurit TNI AL. Sementara itu, uang yang diminta Eferitus Efendi Jogo sebesar Rp.50 juta tidak dikembalikan. Efendi Jogo terkesan tidak mau bertanggungjawab dan sering beralasan saat diminta kembalikan uang.

“Saya lapor polisi karna uang 50 juta yang diminta Efendi Jogo dan  saat itu saya transfer ke dia punya rekening pribadi karna bilang mau bantu saya punya anak lolos TNI AL,” kata Franciska usai membuat laporan di Polres TTS, Selasa, 28 Mei 2024.

“Sampai saat ini sudah hampir 6 bulan kami minta-minta bahkan kami sampai pergi ke dia (Efendi) punya  rumah untuk tagih tetapi tidak dikembalikan sampai detik ini,” ujar Francisca.

Franciska Nakamnanu yang adalah Warga Desa Noemeto, Kecamatan Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menerangkan awal kejadian itu beberapa bulan lalu. Waktu itu saat dirinya berada di rumah keluarga yang tak lain saudara kandung dari suaminya di Desa Lakat Kecamatan Kuatnana.  Kebetulan juga Efendi Jogo pun ada dan langsung menawarkan kalau ada  anak yang mau jadi tentara dirinya punya orang dalam (OD).

“Saat itu kami di Lakat di rumahnya adik laki-laki, kebetulan Efendi Jogo juga ada jadi dia tawar kalau ada anak yang mau tes tentara dia ada orang kuat yang bisa bantu kasih lolos, jadi tanpa pikir panjang saya dengan suami percaya,” ujar Franciska.

Karena sudah termakan oleh tipuan Fendi Jogo saat itu, beberapa hari berselang karna ingin anaknya jadi prajurit TNI AL tanpa pikir panjang ia  langsung mentransfer uang senilai Rp 50 juta ke rekening pribadi Efendi Jogo.

” Jadi saat itu kami yakin sekali dan percaya kalau Efendi Jogo akan bantu ditambah lagi hampir setiap hari kami di telpon dan di WA untuk transfer uang dengan alasan bayar ke panitia seleksi TNI AL jadi saya pinjam uang di Bank dan transfer Rp.50 juta ke rekening pribadi Efendi Jogo,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan kalau semua bukti transfer dan percakapan WhatsApp (WA) lengkap jadi Fendi harus bertanggung jawab.

” Semua bukti kami ada pegang jadi mau sampai dimanapun juga kami akan proses, kalau dia tidak mau tanggung jawab, kembalikan kami punya uang semua dan tanpa di cicil ataupun di kurangi nilainya,” pungkasnya.

Penulis:*Sys*

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x