Tutup Roadshow Literasi 2022 Inggit Sambangi SDN Medono 07

Pendidikan

Tutup Roadshow Literasi 2022 Inggit Sambangi Sdn Medono 07

LIPUTAN4.com 25/07/2022
Kota Pekalongan – Pemerintah kota Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) berkolaborasi dengan PKK setempat, mengadakan roadshow literasi keempat sekaligus penutup di tahun 2022, dengan mengunjungi satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar Medono 07 yang berada di kecamatan Pekalongan Barat, Senin (25/7/2022).

Dalam kegiatan tersebut, anak didik SDN Medono 07 menyuguhkan bakat mereka berupa tarian, puisi, dan bercerita di hadapan Bunda Literasi yang juga menjabat sebagai ketua PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya.


Sebagai Bunda Literasi, Inggit mengaku ingin meningkatkan indeks literasi di Kota Pekalongan yang saat ini masih sangat rendah, dengan memperkenalkan dirinya sebagai Bunda Literasi kepada anak didik dan mengajak mereka untuk semakin gemar membaca buku, dapat menjadi salah satu upaya meningkatkan indeks literasi atau minat baca di kota Pekalongan khususnya di kalangan pelajar.

“Kegiatan roadshow ini bisa mengajak kepada semua masyarakat, khususnya tingkat pelajar SD, untuk gemar membaca, lebih mencintai budaya membaca, dari membaca uini kita bisa memperoleh segala informasi dan membaca adalah jendela dunia, jadi harus kita kenalkan sejak dini,” terangnya.

Menurut Inggit, dengan membaca selain dapat memperoleh banyak inspirasi, juga dapat meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia, meningkatkan kecerdasan untuk pengembangan diri dan menumbuhkan sikap kritis, kreatif dan inovatif. Terlebih jika budaya gemar membaca ini mulai dikenalkan dan ditanamkan sejak usia dini atau usia pelajar, kebiasaan gemar membaca akan dibawa hingga dewasa bahkan telah berusia lanjut, karena membaca tidak mengenal usia.

Sementara itu, Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Muhammad Sahlan melalui kepala bidang keperpustakaan, Ismanto mengatakan SDN 07 Medono menjadi satuan pendidikan keempat yang dikunjungi pada roadshow literasi tahun 2022. Ia berharap dengan adanya roadshow literasi di satuan pendidikan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari DInarpus untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dengan menggalakkan gemar membaca, sehingga kedepan tidak ada lagi anak kota Pekalongan yang mengalami ketertinggalan karena tidak membaca.

Kepala Sekolah SDN Medono 07, Ayu Mega Wulandari mengucapkan terimakasih kepada Dinarpus kota Pekalongan karena telah menunjuknya sebagai perwakilan satuan pendidikan jenjang SD di kecamatan Pekalongan Barat, tak lupa ia juga menyampaikan rasa bangga atas kehadiran Bunda Literasi Kota Pekalongan.

“Kami mengucapkan terimakasih dan sangat berbangga, pada kesempatan kali ini Bunda Literasi bisa mengunjungi sekolah kami, antusias anak-anak beserta bapak dan ibu guru sangat luar biasa, sehingga optimal untuk menyambut bunda literasi,” pungkasnya.

Berkaitan dengan menerapkan budaya gemar membaca, ia menjelaskan selain buku bacaan di perpustakaan sekolah, pojok atau sudut baca juga dibuat pada tiap ruang kelas agar para siswa bisa lebih nyaman untuk membaca buku

Print Friendly, Pdf & Email