Tuntas Perkades Blt Dd, Rudi Widodo Siap Kucurkan Bantuan

Tuntas Perkades Blt Dd, Rudi Widodo Siap Kucurkan Bantuan

Bumi Harapan, Liputan4.com – MELAKUKAN pendataan sejak 03 Mei 2020, semua proses mulai dari musyawarah desa, validasi, identikasi dan verifikasi kemudian finalisasi dan terakhir pembuatan Peraturan Kepala Desa tentang Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), kini Pemerintah Desa Bumi Harapan Kecamatan Witaponda Kabupaten Morowali siap meluncurkan bantuan untuk warga yang masuk kategori.


"Semua proses sudah selesai. Sekarang kita akan melaporkan ke kecamatan kemudian ke Bupati. Setelah itu baru kemudian siap untuk kita kucurkan ke masyarakat," terang Rudi Widodo, Kepala Desa Bumi Harapan (07/05/2020).

Rudi Widodo menjelaskan bahwa untuk penerima BLT DD didesanya ada 18 orang yang layak masuk kategori penerima BLT DD.

Selain BLT DD, pemerintah desa Bumi Harapan juga sudah melakukan pendataan penerima bantuan non BLT DD yaitu PKH sebanyak 18 orang, KKS 19 orang, BPNT 43 orang dan BLT PUSAT 21 orang.

Rudi Widodo memastikan bahwa tidak ada penerima yang dobel sebab strategi pendataan yang dilakukannya menggunakan sistem pencocokan.

"Kita sangat berhati-hati dalam menetapkan penerima bantuan karena banyaknya jenis bantuan dengan syaratnya masing-masing. Untuk mengantisipasi adanya yang dobel maka kita lakukan sinkronisasi," papar Kepala Desa dua periode ini.

Rudi Widodo berharap dengan adanya bantuan-bantuan ini agar dapat dimanfaatkan sebaiknya oleh warga ditengah wabah Covid-19.

"Bantuan ini diperadakan untuk memudahkan warga, untuk meringankan beban warga. Jadi sekiranya warga dapat memanfaatkannya dengan baik," terang kepala desa yang juga beternak ikan lele ini.

Pemerintah Desa Bumi Harapan sendiri  menganggarkan BLT DD sebesar Rp 32.400.000 untuk tiga bulan kepada 18 orang penerima.

BLT DD adalah bantuan untuk warga yang anggarannya ditanggung oleh Dana Desa. Sementara PKH, KKS, BPNT dan BLT PUSAT sumber dananya berasal dari APBN. #(Lipu4Morowali).

[zombify_post]