TNI-POLRI, Siap Jamin Keamanan Pilkada Serentak di Gorontalo.

Liputan4.com.Gorontalo – Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus S.I.K., M.SI., M.M., bersama Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito,M.A., pagi tadi, Senin (21/09/2020) melakukan kunjungan kerja di Kantor KPU Kabupaten Gorontalo.

Selain dalam rangka bersilaturahmi dengan jajaran komisioner KPU Kabupaten Gorontalo dan Bawaslu, juga ingin memberikan dukungan moril berupa jaminan keamanan selama tahapan Pilkada.

“Kedatangan Saya bersama Danrem 133/NWB selain ingin bersilaturohmi dengan jajaran komisioner KPU dan Bawaslu, juga ingin memberikan dukungan moril bahwa kami Polri dan TNI siap mendukung KPU dan Bawaslu mensukseskan Pilkada, tentunya sesuai Tupoksi kami yakni mengamankan dan mengawal seluruh tahapan Pilkada agar aman, damai, demokratis dan sehat,” ucap Kapolda Gorontalo.

 

Irjen Pol Wiyagus mengatakan bahwa situasi Pilkada saat ini berbeda dengan Pilkada tahun sebelumnya, dimana saat ini diperhadapkan pada situasi Pandemi Covid-19, untuk itu diharapkan KPU dan Bawaslu terus mengingatkan kepada peserta Pilkada untuk disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Kali ini target kita tidak hanya mensukseskan Pilkada, tetapi bagaimana mencegah terjadinya kluster Covid-19,oleh karena itu KPU dan Bawaslu agar selalu mengingatkan kepada para Paslon, Pimpinan Parpol dan juga tim sukses, bahwa keselamatan rakyat menjadi yang utama, maka dari itu kepatuhan disiplin Protokol kesehatan haruslah ditegakkan,” imbuh Kapolda Gorontalo.

Hal senada disampaikan oleh Danrem 133/Nwb Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito yang mengibaratkan KPU dan Bawaslu sebagai bintang filmnya.

“Dalam Pilkada, KPU dan Bawaslu adalah bintang filmnya, karena kedua lembaga ini yang menjadi ujung tombak pelaksanaan Pilkada, sedangkan TNI dan Polri sifatnya memberikan dukungan berupa jaminan keamanan,” terang Danrem 133/NW

Brigjen TNI Bagus juga mengingatkan agar pelaksanaan Pilkada tidak menjadikan episentrum baru Covid-19.

“Kita tidak ingin suksesnya Pilkada justru meninggalkan beban akibat banyaknya masyarakat yang terpapar Covid-19, maka disiplin protokol kesehatan harus terus diperhatikan,” kata Brigjen TNI Bagus.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Rasid Sayiu, S.Hi mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres, Kodim dalam hal pengamanan kegiatan setiap tahapan.

“Kami secara intens terus berkoordinasi dengan Bapak Kapolres dan Dandim dalam hal pengamanan, selanjutnya terkait Protokol kesehatan sudah kami buat tata tertibnya, dan saat pendaftaran kemarin sudah dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, dan semua paslon beserta tim suksesnya telah mematuhinya,” ujar Rasid.

Kemudian Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo Wahyudin M. Akili, SE mengatakan bahwa pihaknya merasa terbantu oleh jajaran Polri dan TNI.

“Kami merasa terbantu oleh pengamanan dari jajaran kepolisian dan TNI, dan memang di masa pandemi Covid19 ini, tugas pengawasan menjadi lebih ekstra, karena kita semua dituntut untuk mengawasi tidak hanya pelanggaran Pilkada namun juga mengawasi penerapan protokol kesehatan dalam setiap tahapan, agar Pilkada dapat berjalan sukses dan juga sehat,” ujar Wahyudin.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK terkait kunjungan kerja Kapolda Gorontalo bersama Danrem 133/NWB ke Kantor KPU Kabupaten Gorontalo mengatakan bahwa kegiatan tersebut sudah menjadi agenda dalam rangka mempersiapkan keamanan Pilkada dan mencegah penyebaran Covd-19.

“Ini sudah menjadi agenda Kapolda bersama Danrem, untuk mengecek kesiapan keamanan wilayah yang akan melaksanakan Pilkada juga memastikan penerapan protokol kesehatan, agar Pilkada sukses dan tidak menimbulkan kluster baru,” tutup Wahyu.

(KA-BYP)

Leave a Reply