LIPUTAN4.COM
Berita Online Indonesia, Berita Harian, Kabar Terbaru Terkini. Situs Berita Terpercaya dari Politik, Peristiwa, Ekonomi, Bisnis, Kriminal dan Teknologi

TINJAU Lokasi Longsor, Ini Perintah Danrem 142/Tatag Kepada Dandim 1403/ Sarewigading.

0 52

TORAJA UTARA   LIPUTAN4.COM. SUL- SEL.        Pasca musibah longsor yang terjadi di Km.24 dan Km.21 Poros Palopo- Toraja Jumat sore kemarin, Komandan Korem ( Danrem ) 142/ Tatag,Brigjen TNI Firman Dahlan SIP meninjau langsung TKP( tempat kejadian peristiwa) yang mengakibatkan Sembilan rumah milik warga rusak parah,Sabtu (27/6/2020).

Di dampingi Dandim 1403/ Sarewigading,Letkol Inf Gunawan SIP, Danrem 142/ Tatag menelusuri bekas longsor yang ada di titik Km. 21 dan Km.24, juga menyempatkan diri berdialog dengan warga Kelurahan Battang Barat,Kecamatan Wara Barat,Kota Palopo yang berada tidak jauh dari lokasi longsor.

Danrem 142/ Tatag menghimbau warga kelurahan Battang Barat untuk sementara waktu mengungsi ke tempat yang telah di sediakan oleh pemerintah itu untuk menghindari longsor susulan di lokasi tersebut.Ia juga mengajak warga memggunakan Akses jalan Alternatif agar roda ekonomi di kelurahan tersebut tetap berjalan normal.

Di Km.24 Danrem menyaksikan langsung kondisi di TKP yang sangat parah. Ia kemudian memerintahkan Dandim 1403/Swg agar segerah bertindak lebih cepat lagi.

" Kerahkan seluruh Personil TNI Kodim 1403/ Swg untuk bekerja sama dengan Instansi terkait dalam menangani seluruh material yang menutupi badan jalan akibat longsor," tegasnya.

Tak hanya meninjau lokasi longsor Dandrem 142/ Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan SIP juga mengunjungi Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Tanah Longsor Kodim 1403/ Swg.

Sepati di ketahui longsor yang terjadi di poros Palopo- Toraja, kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat kota Palopo pada Jumat (26/6/2020 ) sore, mengakibatkan sembilan rumah milik warga rusak dan 30 unit mobil terjebak diantara Km.21 dan Km. 24.

Samentara itu Dandim 1403/ Swg, Letkol Inf. Gunawan SIP mengatakan, 30 unit kendaraan roda empat mesih terjebak di antara Km. 21 – Km. 24.

" Untuk itu yang tertimbun sementara hari baru selesai 80 persen di bersihkan tanahnya sehingga belum bisa di lewati," ujar Dandim.

Dandim juga mengatakan, bahwa warga yang terkena dampak langsung tanah longsor, untuk sementara mengungsi di rumah keluarga masing- masing .

Di hari yang sama Wakil Gubernur Sulawesi- Selatan ( sul- sel ) A. Sudirman Sulaiman ST dan rombongan, juga meminjau lokasi longsor, namun posisinya di sekitar arah Toraja di Km. 24 .(Jefri Paramma).

.

 

Pemda Pamekasan
Loading...

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini, tetapi Anda dapat menyisih jika mau. Terima Baca selanjutnya