Tingkatkan Kualitas Penulisan Skripsi Semester Akhir, Dema IAI Al-Khairat Pamekasan Gelar Pelatihan

Reporter: Chalik Ibn As Topik: Jawa Timur, Pendidikan
  • Bagikan
Tingkatkan Kualitas Penulisan Skripsi Semester Akhir, Dema Iai Al-Khairat Pamekasan Gelar Pelatihan

Liputan4.com, Pamekasan – Dalam rangka mempermudah Mahasiswa semester akhir di Kampus Institut Agama Islam (IAI) Al-khairat Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAI Al-Khairat Pamekasan gelar pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (skripsi). Sabtu 13/11/2021 sore

Kegiatan pelatihan yang di lakukan di Auditorium Kampus IAI al-Khairat tersebut dibuka dengan pambacaan basmalah yang dilanjutkan dengan sambutan tunggal oleh Presiden Mahasiswa Erfan Nawawi, kemudian penutup.


Sesi kedua diisi dengan program utama yakni pelatihan penulisan skripsi, Puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan menyambut dengan antusias kegiatan tersebut dengan berbondong-bendong menghadiri pelatihan itu. Hal itu terbukti dengan banyaknya mahasiswa ekonomi yang mencapai 20 mahasiswa yang hadir saat itu.

Pelatihan tersebut mengusung tema “Menciptakan Kompetensi Mahasiswa Dalam Kepenulisan Dan Penyusunan Karya Ilmiah dengan Pemateri yang sudah tidak asing lagi di telinga Mahasiswa Al-khairat Bapak Fathol Qorib, S.E. Saat ini menempuh pendidikan pasca serjana (S2) nya di kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Namanya menjadi terkenal sejak karya tulis ilmiahnya yang bagus dan skripsinya dilalui tanpa melewati revisi sewaktu S1 di kampus IAI Al-khairat.

Untuk mengisi pelatihan itu, qorib sapaan akrabnya, didampingin oleh Moh.Qosim sebagai moderator Ia menjabat sebagai kementrian pendidikan di DEMA Al-Khairat Pamekasan.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya adalah metode penelitian, praktek penulisan, dan jenis-jenis penulisan skripsi.

Materi yang disampaikan membuat peserta pro aktif saat mengikuti pelatihan tersebut, antusiasme peserta terbukti dengan banyaknya peserta yang bertanya terkait penulisan skripsi yang mudah dan cepat selesai.

Salah satunya Kholilah yang bertanya bagaimana cara membedakan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif serta ciri-ciri khusus dari kedua jenis penelitian tersebut. Tanya mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Itu.

Dalam sambutannya Erfan Nawawi Presiden Mahasiswa IAI Al Khairat Pamekasan menyampaikan bahwa kegiatan yang laksanakan hari ini sebagai bentuk kepedulian dan upaya membantu meringankan beban Mahasiswa semester akhir dalam menunaikan tugas akhir kuliahnya yakni penggarapan skripsi

“Seperti yang dialami kebanyakan Mahasiswa tingkat akhir selama ini skripsi menjadi tugas dan tanggung jawab yang berat, kalau tidak memiliki skill dan cara membuatnya, maka akan menyulitkan dan membingungkan mereka untuk menyelesaikannya,”paparnya

“Untuk itulah, kami pengurus Dema IAI Al Khairat Pamekasan akan terus berupaya dan tetap berusaha menjawab kebingungan temen-temen Mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya dengan mengadakan pelatihan penulisan ini, dan tentunya pemateri yang kami undang adalah orang terbaik di al-khairat di masanya.” ungkap Erfan sapaan akrabnya.

Sementara itu, Nurul Maulidiyah salah satu peserta mengucapkan syukur Alhamdulillah kegiatan ini sangat membantu kami untuk dapat memahami bagaimana langkah membuat Karya Ilmiah yang mudah, baik, benar dan cepat.

Dalam kesempatan tersebut Nurul Maulidiyah mengucapkan Terimakasih kepada pengurus Dema, sudah memfasilitasi pelatihan yang sangat dibutuhkan oleh teman-teman seangkatannya.

“Saya sangat bersyukur dan ucapkan terimakasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kakak-kakak Dema yang telah memfasilitasi kami pelatihan ini, sungguh pelatihan ini sangat membantu saya pribadi secara khusus pada umumnya mahasiswa semster akhir,”ucapnya

“Pelathan ini sangat membantu dan menjawab kebingungan terkait judul yang harus saya buat, dan alhamdulillah sekarang saya rasa pasti bisa menyelesaikan judul dan skripsi saya nanti,”Pungkasnya .Aruf

Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan