Tim Safari Ramadhan Pemkab Palas Kunjungi Kecamatan Batang Lubu Sutam

Tim Safari Ramadhan Pemkab Palas Kunjungi Kecamatan Batang Lubu Sutam

Liputan4.com.  Padang Lawas
PALAS-Kunjungan hari kedua Tim Safari Ramadhan Pemkab Padanglawas(Palas)kunjungi Kecamatan Batang Lubu Sutam,Selasa(12/4/2022) bertempat di Kantor Kecamatan setempat.

Tim Safari Ramadhan Pemkab Palas Kunjungi Kecamatan Batang Lubu Sutam

Sambutan Plt. Bupati Padanglawas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si yang dibacakan Kadis Sosial, H. Achmad Fauzan Nasution.SQi. S.Hi, M.Pd.I mengatakan, bulan Ramdhan ini adalah bulan yang mulia, mari kita jadikan momen ramadhan untuk meningkatkan semangat pengabdian sesuai kemampuan.

“Sesuai peran dan tanggungjawab kita semua untuk mewujudkan Kabupaten Palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya(Bercahaya),”katanya.

Dikatakan,bulan ramdhan yang penuh berkah sebagai anugerah dan nikmat yang agung yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW.

Kata H.Achmad Fauzan,bulan ramadhan adalah bulan penuh ampunan.(syahrul maghofiroh). Pada bulan ini Allah SWT akan membuka pintu ampunan bagi hamba hambanya yang sungguh sungguh bertaubat dan memohon ampunan akan setiap dosa dosanya.

“Dibulan ini setiap kebaikan balasannya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Untuk itu mari perbanyak amal kebaikan, kejarlah rahmat Allah SWT, perbanyak berdoa dan mohonkan ampunan atas segala dosa dosa kita,”ajaknya.

Dikesempatan itu, Kadis Sosial juga menyerahkan bantuan sosial kepada 416 orang imam dan khatib, bilal mayit, guru mengaji, guru MDA, dan anak yatim di Kecamatan Batang Lubu Sutam.

Selain itu juga diserahkan bantuan berupa ambal sajadah untuk masjid Desa Pinarik, Tanjung Botung, Aek Sorik, Tangga Batu, Tandolan dan Manggis.

Kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Palas dirangkai dengan kegiatan tausyiah kultum menjelang berbuka puasa oleh Ketua MUI Palas, Ustadz H. Ismail Nasution, Lc.

Ia mengajak umat muslim untuk meningkatkan ibadah seperti yang disampaikan Abdullah bin Affan berkata ada tiga kalimat dalam Al quran yang dia satu paket, tidak akan sempurna satu bagian tanpa bagian yang lain ( salasuh ayati fil quran maghrunatan laa ya timmu baqduha illah ma aba) tidak akan sempurna satu bagian tanpa bagian yang lain.

Menurutnya,ketiga kalimat itu adalah
Ati’ullaha wa ati’ur rasula wa ulil amri minkun (Qs. Annisa ayat 5 ) artinya taat kepada Allah dan taat kepada rasul. Tidak akan berterima taat kepada Allah kalau tidak taat kepada rasul begitupun sebaliknya.

“Wa akimussolata wa atuzzakah artinya dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Perintah sholat dan zakat sejajar di dalam Al Quran. Muslim yang rajin sholat tidak akan lupa membayar zakat,” tuturnya.

Disisi.lain,lanjut H.Ismaik Anisykur li wa liwalidaik artinya bersyukurlah kepada -Ku dan kepada kedua ibu bapakmu. Tidak akan berterima syukur kepada Allah apabila kita tidak berterima kasih kepada orang tua kita. Penghormatan kita kepada orang tua menempati posisi kedua setelah pengagungan kita kepada Allah.

“Mari kita senantiasalah doakan kedua ibu bapakmu dan berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu. Bakti seorang anak akan mengundang ridho orang tua karena ridhonya kepada anak adalah penentu seorang anak mendapatkan ridho Allah SWT,tutup mengakhiri tausyiahnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala BNPB, Kadis Catatan Sipil, Kadis Kesehatan, Kadis PMD, Kadis Nakertrans, Kadis Pemuda dan Olahraga, Ka Sat Pol PP, Kapolsek Sosa, Perwakilan Koramil Sosa, Unsur Kemenag dan Kepala Desa se Kecamatan Batang Lubu Sutam.(Sbn)