Tim Kearsipan, SKPD dan Kecamatan Pemkab Kotabaru Melaksanakan koordinasi dan Konsultasi Bersama dengan Dispersip Kalsel

  • Bagikan
Tim Kearsipan, SKPD dan Kecamatan Pemkab Kotabaru Melaksanakan koordinasi dan Konsultasi Bersama dengan Dispersip Kalsel

Liputan4.com, Banjarbaru-Dalam mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia dan mencapai cita cita nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang undang Republik Indonesia Tahun 1945, Arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa, serta sebagai memori, acuan dan bahkan untuk pertanggung jawaban dalam berkehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara maka harus dikelola dan diselamatkan oleh Negara.

Untuk tersedianya arsip yang autentik dan terpercaya perlu penyelengaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan dalam menghadapi tantangan globalisasi dan mendukung terwujudnya penyelenggaraan negara khususnya pemerintahan yang baik dan bersih, guna peningkatan kualitas pelayanan publik.

Penyelenggaraan kearsipan Kabupaten menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten dan dilaksanakan oleh Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) yang berada pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kotabaru.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, pada hari selasa, 16 maret 2021 Tim Kearsipan, SKPD dan Kecamatan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru telah melaksanakan koordinasi dan konsultasi bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan.
Kegiatan Tersebut berlangsung selamat 1 (satu) hari bertempat di Grand Dafam Hotel banjarbaru dengan peserta berasal dari 19 SKPD dan 14 Kecamatan serta tim dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kotabaru. Acara tesebut dihadiri pula oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kotabaru dan dengan Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Fendi Trisunuaribowo P., S.Hut

Maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengaktifkan kembali Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) pada SKPD dan Kecamatan, sebelum dilaksanakannya perubahan website nomenklatur menjadi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis).

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :
– Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pelaksanaan Sistem Informasi Kearsipan Daerah (SIKD) yang akan berubah nama web menjadi Srikandi
– Dilaksanakan Sistem Informasi Kearsipan Daerah (SIKD) pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kecamatan dalam penataan dan pengelolaan arsip Dinamis (Aktif & in aktif) sampai penyerahan arsip Statis ke Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kabupaten Kotabaru.
– Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) akan memonitor terlaksananya Sistem Informasi Kearsipan Daerah (SIKD) / Srikandi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kecamatan

Diharapkan pula dengan adanya kegiatan ini akan timbul kesadaran dan ketaatan dalam penataan pengelolaan arsip secara baku sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan sebagai alat bukti yang sah, sehingga akan terwujud tertibnya arsip pada Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

Sementara itu Rahim Kabid Arsip Kab Tabalong mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi kalimantan Selatan Hj Dra Nurliani Dardie M.AP atas ijin nya untuk berkoordinasi bersama hari ini, semoga Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) pada SKPD dan SIKD dapat dilaksanakan di kabupaten kotabaru dengan harapan Bunda  selalu membantu dan support kami, harapnya.

Adapun dana yang digunakan untuk kegiatan ini adalah Kegiatan Sosialisasi pada DPA-Program Pengelolaan Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kotabaru.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

PUKUL IMAM MASJID SAAT SHOLAT BERJAMAAH.

0
0
0

TOL CHIKARANG DAN PELABUHAN MERAK DI TUTUP

56
3
0

Dandim 1710/Mimika Berharap Masyarakat Ikut Wujudkan Kamtibmas Sambut PON XX Papua

18
1
0

Walikota Ngamuk Dalam Mall

74
1
0
HARITA NICKEL