Tiga Desa di Palas Belum Salurkan BLT DD 2022

Tiga Desa Di Palas Belum Salurkan Blt Dd 2022

Liputan4 com. Palas, Lampung Selatan.

Tiga Desa di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan, belum menyaklurkan Bantuan Langsung Tunai ,Dana Desa ( BLT DD ) tahun 2022.


Menurut informasi dan pantauan media, baru 18 Desa di kecamatan palas, dari 21 Desa yang sudah menyalurkan BLT DD tahun 2022, secara langsung sesuai arahan bupati untuk mempermudah penyaluran BLT DD ke Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

Sesuai Perpres 104 Tahun 2021 yang menekankan bahwa Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT Desa) dianggarkan sebesar paling sedikit minimal 40% dari pagu Dana Desa ( DD) yang diterima setiap desanya pada tahun 2022.

Camat Palas Rosalina menuturkan dari ketiga desa saat ini yang belum menyalurkan BLT DD 2022, antaranya Desa Kalirejo, Sukaraja dan Pulau Jaya saat ini ketiga desa itu sedang mengurus penyusunan berkas untuk mencairkan DD, ADD di bank Lampung.

” Ya mas ada tiga desa yang belum mencairkan BLT DD 2022, saat ini ketiga desa sedang melengkapi penyusunan pencairan DD tahab Pertama di bank Lampung,” Ucapnya melalui sambungan Aplikasi Whatsap, Kamis, (14/04/2022)

Sedangkan saat di tanyakan kenapa dari ketiga desa itu sampai saat ini belum menyalaurkan BLT DD, menurutnya dati setiapa desa proses berbeda-beda ada desa yang bisa cepat ada pula desa yg lambat dalam sesuai proses penyusunan kelengkapan berkasnya dan tidak lepas juga Sumber Daya Manusianya (SDM).

“Anak itu bermacam -macam kita ada 21 desa warnanya juga berbeda , cepat dan lambat itu dinamika Desa masing-masing tetapi pihak kecamatan terus menekankan secepatnya di selesaikan jangan sampai menghambat desa lainnya,”ucapnya

Sementara Pendamping Desa (PD) Kecamatan Palas Fahrul Ulum, tidak banyak komentar saat di hubungi lewat sambungan whtsap terkait belum di cairkan BLT DD Desa di tiga Desa mengatakan

” Duite Rong ono” kata dia

Dia tidak menjelaskan apa dan kenapa sampai saat ini duite rong ono, karna dalam bahasa nasional artinya uangnya belum ada. Dimana tiga desa tersebut belum bisa mencairkan blt DD 2022, padahal dalam arahan bupati penyaluran blt dd jangan samapai di persulit.