Terus Tingkatkan Minat Baca, Dispersip Palnam Bersinergi Dengan Pemangku Kepentingan

Reporter: Dessy Nathalia Kategori: Kalimantan Selatan, Pemerintahan, Pendidikan
  • Bagikan
Terus Tingkatkan Minat Baca, Dispersip Palnam Bersinergi Dengan Pemangku Kepentingan

Liputan4.com, Tanah Bumbu-Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) dr HM Zairullah Azhar M.Sc dan Wakil Bupati H Muhammad Rusli S.Sos, menerima kunjungan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan Hj Dra Nurliani Dardie M.AP, di kediaman Dinasnya, Kamis (8/7/2021)

Bunda Nunung terpesona interior ruangan nuansa Timur Tengah.
Sementara itu di ruang aula yg terhubung langsung dengan ruang kerja beliau ada banyak ustad dan para santri yang mengadakan pengajian Al Quran hingga khatam.

Kedatangan Kadispersip Provinsi Kalsel tersebut guna melakukan strategi merangkul stakeholder dalam rangka meningkatkan minat baca di Provinsi Kalsel.

Dalam Kunjungannya tersebut Hj Dra Nurliani Dardie M.AP,  yang akrab disapa Bunda Nunung ini mengajak pemerintah Kabupaten Tanbu dalam hal ini Bupati Tanah Bumbu untuk ikut serta dalam mensukseskan program ini.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan indeks pembangunan literasi serta meningkatkan minat baca di Kalimantan Selatan.” ujar Bunda Nunung.

Menurutnya, dukungan ini dapat dilakukan melalui rekaman videonya promosi minat baca sebagai komitmen stakeholder mendukung minat baca di Kalsel terutama oleh para pimpinan daerah khususnya Bupati.

Selain itu, surat komitmen peningkatan minat baca ini, Kata Bunda Nunung  sesuai dengan amanah undang-undang 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang menjadi tanggungjawab kepala daerah.

Sebelumnya, dijelaskannya bahwa Provinsi Kalsel pada tahun 2020 memperoleh angka indeks pembangunan literasi tertinggi sepanjang -Indonesia, dengan nilai 48,7 oleh Perpusnas RI. Hal ini merupakan dukungan yang signifikan selama ini oleh Gubernur, Walikota dan Bupati di Kalsel dalam alokasi anggaran pada program kegiatan perpustakaan Kalsel.

Namun tingkat kegemaran membaca masyarakat Kalsel berada diposisi 17 dari 34 provinsi di Indonesia dengan nilai 55,85 dari hasil survei perpusnas RI tahun 2020, dari hal inilah yang melatarbelakangi kegiatan ini.

Nunung berharap, dengan adanya video pendek dan surat dukungan Bupati Tanah Bumbu terhadap promosi minat baca, diharapkan semakin meningkatkan indeks pembangunan literasi dan minat baca masyarakat di Kalsel dan Indonesia pada umumnya dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Bupati dr HM Zairullah Azhar M.Sc mengapresiasi langkah strategi yang dilakukan oleh Dispersip Kalsel untuk meningkatkan minat baca ini.

“Saya atas nama pemerintah daerah mengajak masyarakat Kalimantan Selatan untuk selalu meningkatkan Gemar Membaca dimanapun dan kapanpun agar memanfaatkan perpustakaan sebagai wahana mencerdaskan kehidupan bangsa dan wisata literasi keluarga.” tutupnya.

Dalam pertemuan ini Bupati Zairullah juga berkesempatan membubuhkan tanda tangan

Terus Tingkatkan Minat Baca, Dispersip Palnam Bersinergi Dengan Pemangku Kepentingan
Bupati Tanbu HM dr Zairullah Azhar M.Sc, didampingi Wakil Bupati H Muhammad Rusli S.Sos membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan mensukseskan program Literasi (poto Aduy)

nya sebagai bentuk dukungan mensukseskan program peningkatan literasi dan minat baca masyarakat di Kalsel.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan