PPDB KOTA MEDAN 2022

Tahapan Pemilu 2024 KPU Siap Sosialisasikan Secara Masif

Tahapan Pemilu 2024 Kpu Siap Sosialisasikan Secara Masif

Liputan4.com 15/06/2022
Kota Pekalongan –
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan terus mempersiapkan dan menyosialisasikan secara masif tahapan demi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang dijadwalkan untuk pelaksanaan Hari Pemungutan Suara (HPS) digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Sosialisasi yang dimaksudkan adalah terkait informasi tentang tahapan, program dan jadwal Pemilu. Sosialisasi perlu dilakukan bukan hanya pada penyelenggara Pemilu, tetapi peserta Pemilu dan masyarakat luas.

Tahapan Pemilu 2024 Kpu Siap Sosialisasikan Secara Masif


Dengan demikian, masyarakat akan memahami bahwa dalam 20 bulan mendatang sudah memasuki masa tahapan pemilu hingga 14 Februari 2024. Hal ini disampaikan Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Thoha dalam kegiatan Nonton Bareng Kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilu Tahun 2024 secara relay, berlangsung di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Selasa malam (14/6/2022).

Tahapan Pemilu 2024 Kpu Siap Sosialisasikan Secara Masif

“Hari ini tepat 20 bulan masa tahapan pemilu 2024. Sementara ini, KPU Kota Pekalongan masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) lain Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024 secara resmi yang nantinya akan menjadi pedoman KPU daerah untuk melaksanakan tahapan demi tahapan pemilu,” ujar Rahmi.

Rahmi menyebutkan, untuk pelaksanaan Pemilu 2024, KPU RI secara total telah mengajukan anggaran sebesar Rp76,6 Triliun untuk seluruh daerah di Indonesia. Namun, saat ini masih dalam proses finalisasi dari usulan anggaran tersebut.

Menurutnya, secara prinsip penggunaan anggaran pemilu akan dilaksanakan se-efisien dan seefektif mungkin. Mengingat, dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang ada 5 jenis surat suara, maka sesuai regulasi untuk jumlah pemilih setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan lebih sedikit atau jumlah keseluruhan TPS di seluruh Kota Pekalongan akan lebih banyak dari pelaksanaan pilkada sebelumnya.

Pihaknya menegaskan, KPU Kota Pekalongan masih menunggu arahan lebih lanjut terkait pelaksanaan pemilu 2024 mendatang sebagai bentuk persiapan pelaksanaan pemilu yang sudah terlaksana berkelanjutan dari waktu selesainya pilkada 2020 lalu, diantaranya pelaksanaan pemutakhiran data pemilih berkelanjut yang setiap bulan selalu diupdate.

“Kami sosialisasikan melalui laman dan media sosial KPU Kota Pekalongan, sehingga diharapkan masyarakat lebih pro aktif untuk mempersiapkan diri dan ikut mengupdate bagaimana data pemilih ini bisa dipersiapkan lebih dini lagi, dan tidak menunggu saat pencocokan dan penelitian serta pemutakhiran data pemilih yang resmi sesuai jadwal. Kami membutuhkan pro-aktif dari masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan mereka dari update data yang dilaksanakan setiap bulan,” tandasnya.

Print Friendly, Pdf & Email