PPDB KOTA MEDAN 2022

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Bawaslu Kota Pekalongan Siap Mengawasi

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Bawaslu Kota Pekalongan Siap Mengawasi

Liputan4.com 16/06/2022
Kota Pekalongan –
Tahapan Pemilu 2024 sudah dilauching jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak, Selasa (14/6/2022) lalu. Di tingkat daerah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekalongan pun siap menyongsong untuk melakukan pengawasan tahapan pemilu tersebut.

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Bawaslu Kota Pekalongan Siap Mengawasi


“Saat ini sudah mulai tahapan pemilu 2024 seiring dengan KPU sudah melaksanakan launching tahapan pemilu yang sudah dimulai tanggal 14 Juni 2022 ini, Bawaslu yang berwenang mengawasi apa yang dilakukan penyelenggara seperti KPU, kami juga selaku pengawas sudah melakukan launching Siap untuk Mengawasi Tahapan Pemilu 2024,” ucap Ketua Bawaslu Kota Pekalongan, Sugiharto, belum lama ini.

Pihaknya menegaskan, Bawaslu sudah melakukan persiapan diri unruk melakukan pengawasan semua tahapan yang akan dilakukan KPU, salah satunya melalui Apel Siaga Pengawasan Serentak Pemilu 2024 dalam rangka mengawasi tahapan-tahapan pemilu tersebut secara virtual, dimana kegiatan apel yang dilaksanakan secara terpusat di Kantor Bawaslu RI di Jakarta yang diikuti oleh seluruh Pimpinan Bawaslu Kota Pekalongan dan jajaran sekretariat.

Menurutnya, tahapan pemilu ini akan panjang prosesnya, sehingga salah satu kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu adalah kegiatan pendaftaran pemantau pemilu untuk wilayah Kota Pekalongan. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pemantauan pemilu.Lanjutnya, Bawaslu Kota Pekalongan tentu sangat mendukung penuh kegiatan yang nantinya menjadi tempat para pemantau bersinergi dengan Bawaslu.

“Agar partisipasi masyarakat, terutama teman-teman di luar Bawaslu yang ingin terlibat didalam pengawasan, mereka bisa mendaftarkan diri sebagai pemantau pemilu. Sebab, lembaga pemantau pemilu yang mengeluarkan akreditas itu bawaslu, beda dengan pilkada mendaftarnya lewat KPU,”tandasnya.

Print Friendly, Pdf & Email