Susu Ultra Milk Yang Dijual Hyperstore Kupang Semuanya Dalam Kondisi Baik Dan Tidak Expired

Kupang-liputan4.com-Terkait pemberitaan pada portal berita publikntt.com terhadap temuan susu ultra milk 200 ml yang bocor dan berbau yang dibeli konsumen di Hyiperstore Kupang pada tanggal (10/12/2019) yang lalu, Tim Disperindag Provinsi NTT dan BPOM telah melakukan sidak dengan cepat dan tidak menemukan ada kemasan yang rusak dan expired, serta tidak ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam hal ini Hyperstore.

Keterangan tersebut disampaikan secara resmi oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perlindungan Konsumen pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Juskial Amseke, S.E.


“Berdasarkan pengaduan konsumen (11/12/2019) atas temuan susu ultra milk 200ml yang dibeli konsumen ada yang bocor dan berbau, kami dari bidang perlindungan konsumen langsung melakukan sidak ke Hyperstore Kupang  dan bersama-sama mengecek ulang display dan penyimpanan. Kami melihat semua sudah sesuai standar yang dilakukan oleh Hyperstore Kupang”

Begitupun dengan susu ultra milk 200ml yang dibeli konsumen di Hyperstore Kupang yang bocor tersebut tidak expired, ungkap Amseke.

Sukatman, Manajer Hyperstore Kupang kepada media ini mengungkapkan dirinya bersama karyawan juga bersyukur atas temuan ini, sehingga pihaknya semakin profesional untuk memastikan semua produk yang dijual tidak ada satupun yang bermasalah.

Sukatman melanjutkan, bahwa pihak manajemen Hyperstore Kupang, melihat secara positif pemberitaan  temuan susu ultra milk 200 ml oleh konsumen, sehingga   dengan informasi tersebut pihaknya terus melayani semua pembeli dan memastikan semua produk yang dijual tidak ada satupun yang bermasalah, atau rusak secara fisik.

“Kami pelaku usaha hanya bertanggung jawab terhadap barang yang dijual dalam kondisi baik dan tidak expired serta izin BPOM, sedangkan terkait isinya menjadi tanggung jawab pabrik”

Foto Usai Klarifikasi dan penandatanganan Berita Acara Temuan susu ultra milk 200 ml, antara konsumen dan Manajemen Hyperstore Kupang, didampingi Kabid Perlindungan Konsumen dan PPNS Disperindag Prov. NTT, di Ruan Kerja Kabid Perlindungan Konsumen, Jumat (10/1/2020)

 

Atas kejadian tersebut, pihak Hyperstore dan Konsumen secara bersama-sama saling mengkonfirmasi ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTT, melalui Kabid Perlindungan Konsumen, bahwa temuan susu ultra milk 200ml tersebut benar-benar tidak ada indikasi kerusakan yang disengajai oleh Hyperstore, dan dugaan kuat adalah terjadi gesekan pada saat konsumen membawa ke rumah menggunakan sepeda motor.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Gabriel P, Kabid Perlindungan Konsumen  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTT, membenarkan bahwa apa yang dilakukan stafnya sudah sesuai dengan tupoksi dan sesuai dengan UU perlindungan konsumen, sehingga ada kejelasan atas temuan produk yang diduga rusak dan terlanjur beredar luas melalui pemberitaan, tidak ada yang dirugikan baik sebagai konsumen maupun pelaku usaha.

“Hari ini (10/1/2020) kedua sahabat saya ini sudah beritikad baik untuk memberikan klarifikasi dan menyelesaikan secara damai, melalui Berita Acara Penyelesaian Sengketa Susu Ultra Milk Yang Dibeli Dari Hyperstore Pada Tanggal 10 Desember 2019.

Dengan demikian tidak ada persoalan lagi terkait susu ultra milk yang dijual di Hyperstore Kupang. Untuk itu masyarakat tidak perlu ragu untuk tetap menjadi konsumen di Hyperstore Kupang karena sudah dilakukan pengecekan, baik dari Penyidik PPNS Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTT maupun BPOM.

Gabriel juga menegaskan bahwa penting persoalan seperti ini diangkat, sehingga baik konsumen maupun pelaku usaha bisa memahami UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang  Perlindungan Konsumen dengan memperhatikan  Hak dan Kewajiban Konsumen  dan Hak dan Kewajiban Pelaku Usaha.

Konsumen pada kesempatan yang sama, mengucapkan terima kasih kepada Disperindag Provinsi NTT dan BPOM yang dengan cepat menindaklanjuti pengaduan masyararakat terkait temuan susu ultra milk yang bocor dan berbau.

Selain itu Konsumen juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Manajemen Hyperstore Kupang yang sudah sangat kooperatif dalam penyelesaian kejadian temuan susu ultra milk 200 ml  yang bocor tersebut, sehingga bisa menjamin semua produk yang dijual layak untuk dikonsumsi.

“Saya berterima kasih kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perlindungan Konsumen Disperindag Prov. NTT yang sudah memastikan tidak ada kerusakan dan expired susu ultra milk yang dijual di Hyperstore Kupang”

Lebih lanjut, Konsumen berterima kasih dan memohon maaaf kepada manajemen Hyperstore terkait pemberitaan yang sudah beredar luas di masyarakat tentang Penjualan produk susu ultra milk di Hyperstore Kupang.*