Sukseskan TMMD ke 111, Dispersip Palnam Kolaborasi Bersama Satgas Kodim 1010/Rantau, Tumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

  • Bagikan
Sukseskan TMMD ke 111, Dispersip Palnam Kolaborasi Bersama Satgas Kodim 1010/Rantau, Tumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

Liputan4.com, Rantau-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel rupanya tidak henti-hentinya meningkatkan pemahaman mengenai literasi di berbagai pelosok daerah.

Hal ini terbukti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Selatan kembali membawa perpustakaan lingkungan (Pusling) dalam kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Ke-111 di Desa Suato Lama, Kecamatan Salam Babaris Kabupaten Tapin.

Bekerja sama dengan Kodim 1010/Rantau, Dispersip Kalsel terjunkan satu unit Pusling di desa tersebut. “Alhamdulillah, keterlibatan kami di sini dalam misi memacu peningkatan lietrasi, baik di daerah pesisir maupun pedalaman, dengan tujuan Kalsel cerdas,” ucap Hj Dra Nurliani Dadie M.AP, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Selatan yang akrab disapa Bunda Nunung, melalui Kasi Pelayanan dan Kearsipan Perpustakaan Dispersip Kalsel Hj Ermawati A.Md, serta staf
Rabu (30/6).

Rendahnya kesadaran membaca masyarakat Indonesia turut menarik perhatian Satgas TMMD ke 110 Kodim 1010/Rantau. Guna menanamkan gemar membaca sejak usia dini, pada pelaksaan kegiataan TMMD ke 110 di Desa Suato Lama, Kecamatan Salam Babaris Kabupaten Tapin Satgas TMMD menggelar sosialisasi pengembangan minat budaya baca kepada anak anak di halaman sekolah dengan menggunakan Mobil Perpustakaan Keliling milik Dispersip Kalsel, ujar Bunda Nunung.

Sementara itu, Komandan Kodim 1010/Rantau melalui Pasipers, Kapten Inf Syafri Amrullah menambahkan ini sesuai dengan tema TMMD Ke 111, bahwa TMMD adalah wujud Sinergi membangun Negeri.

“Bukan hanya dengan masyarakat, melainkan dengan Polri serta instansi terkait tergabung dalam Satgas TMMD ini, dengan harapan nantinya masyarakat dapat menikmati hasil dari TMMD,” tuturnya.

TMMD ke 111 Kodim 1010/Rantau mengajak menjadikan membaca kebiasaan di tengah masyarakat dimulai sejak dini.

“Kita menyadari kualitas sumber daya manusia (SDM) menentukan pembangunan dalam memujudkan masyarakat Indonesia yang maju dan sejahtera. Kami berharap, dapat mendorong masyarakat mencintai budaya lokal melalui membaca buku. Serta menjadikan perpustakaan sebagai sahabat dan sumber ilmu pengetahuan,” tegasnya.

Tidak hanya sosialisasi, anak anak di Desa Suato Lama, Kecamatan Salam Babaris Kabupaten Tapin, juga mendapat kesempatan untuk membaca ratusan buku yang terdapat di dalam Mobil Perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Selatan dengan suasana santai, mereka membaca buku sesuai dengan keinginan mereka. Sebab mereka beranggapan bahwa buku adalah jendela informasi dunia.

Tambah Bunda Nunung, kedatangan armada Pusling ini langsung diserbu anak- anak dan antusiasme masyarakat setempat. “Waktu pusling datang otomatis langsung diserbu anak-anak. Kami tentu senang melihat antusiame mereka, dan keberadaan perpustakaan keliling ini ada badut serta pendongeng,” tuturnya.

Di sisi lain, Dandim 1010/Rantau Letkol Inf Andi Sinrang menuturkan, tujuan TMMD 111 ini untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, sekaligus untuk mencerdaskan anak bangsa. “Upaya kami pun langsung mendapatkan respon positif dari Dispersip Kalsel, sehingga sampai turut hadir membawa mobil perpustakaan keliling dan lainnya,” katanya.

Letkol Inf Andi Sinrang menjelaskan, kegiatan TMMD kali ini merupakan tindak lanjut surat perintah Danrem 101/Antasari.  TTMD juga merupakan salah satu program operasi bakti TNI yang dilaksanakan secara sektoral dan terpadu. “Dengan sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memantapkan wawasan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan fisik, khususnya di daerah-daerah terisolir, maupun tertinggal, rawan bencana, daerah perbatasan, wilayah pasca konflik, dan wilayah yang kumuh,” ucap Letkol Inf Andi.

Seperti diketahui,

Sukseskan TMMD ke 111, Dispersip Palnam Kolaborasi Bersama Satgas Kodim 1010/Rantau, Tumbuhkan Minat Baca Sejak Dini
Kasi Pelayanan dan Kearsipan Perpustakaan Dispersip Kalsel Hj Ermawati A.Md, saat menerima rombongan Dandim 1010/Rantau Letkol Inf Andi Sinrang (Poto Dado)

Kegiatan TMMD ke 111 yang dilaksanakan di Kodim 1009/Pelaihari dan Kodim 1010/Rantau, yang dilaksanakan mulai Minggu ke ll Juni sampai dengan Minggu ke ll Juli Ta 2021, adapun sasarannya berupa sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik berupa pembuatan badan jalan di daerah terisolir, pemasangan gorong-gorong, pembuatan  drainase, perbaikan fasilitas Mushola, rehab rumah, rehab TK Al qur’an, dan rehab Poskamling.

Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan  wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, peternakan, kehutanan, sosialisasi  penanggulangan bencana alam, Posyandu, Posbindu, stunting, penyuluhan KB kesehatan dan dampak pernikahan dini, penyuluhan Narkoba, Rekrutmen TNI, sosialisasi tentang Covid-19 dan PPKM, dan juga adanya kelas lapangan untuk minat baca yang bekerjasama dengan Dispersip Prov. Kalsel  serta kegiatan Bakti Sosial lainnya.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan