News, NTT  

STFK Ledalero Siap Menjalankan Protokol Kesehatan COVID-19

Stfk Ledalero Siap Menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19

LIPUTAN4.COM, MAUMERE | Dalam rangka percepatan penanganan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dilingkungan STFK Ledalero, Pimpinan STFK telah membentuk satu tim gugus tugas yang diketuai oleh Hendrikus Maku, S. Fil., M. Th., Lic., Dosen tetap yang mengampu mata kuliah Filsafat Islam, Kristologi Islam, Islam Nusantara, dan damai dalam Islam. Pater Hendrik, dan kawan- kawan diangkat dan dikukuhkan dengan Surat Keputusan Pimpinan STFK bernomor 37 2l / EDKIF T / L I 2020.

“Setelah mendapatkan SK dari pimpinan STFK, saya bersama tim bertemu untuk mendiskusikanapa saja yang perlu dilakukan untuk merealisasikan kiat percepatan penanganan penyebaran Covid-19 di kompleks kampus STFK. Kami menyepakati beberapa hal berikut ini, antara lain: menentukan beberapa titik pemeriksaan, memproposalkan kepada pimpinan sekolah semua perlengkapan yang dibutuhkan di setiap titik pemeriksaan, dan pembagian tugas kepada anggota tim. Ada tiga titik pemeriksaan, yakni di gerbang utama, di mpelataran antara aula dan gedung teologan, dan di depan gedung filosofen. Dalam pemeriksaan, para petugas harus memastikan beberaoa hal berikut, yakni: semua orang bermasker, suhu badan normal untuk orang dewasa menurut WHO (36,5 -37,5 °C), cuci tangan dan jaga jarak”, demikian Pater Hendrik.


Lebih lanjut, Pater Hendrik menambahkan, timnya sudah mulai bekerja sejak SK itu dikeluarkan (6/8/2020). “Tim sudah mulai berkerja sejak awal Agustus yang lalu. Segala persiapan sudah beres, yakni perlengkapan cuci tangan di beberapa titik sudah tersedia, alat pengukur suhu tubuh sudah siap digunakan, dan hari ini, Rabu (19/8/2020), ketika paramahasiswa baru memasuki hari pertama masa orientasi studi dan pengenalan kampus (OSPEK),tim yang sudah dipersiapkan itu bisa melaksanakan semua tugasnya dengan penuh tanggung jawab”, ujar Pater Hendrik, Peraih penghargaan kalpataru untuk kategori Pembina Lingkungan Hidup Terbaik Kabupaten Sikka tahun 2020.

Sebagaimana tertuang dalam SK Pimpinan, tim gugus tugas covid-19 STFK Ledalero bertugas untuk: (1) melaksanakan fungsi sebagai pusat pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Covid-19 di lingkungan STFK Ledalero. (2) Mengontrol ketersediaan bahan dan sarana untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dilingkungan STFK Ledalero. (3) Memastikan penerapan protocol kesehatan dilingkungan STFK Ledalero. (4) Berkoordinasidengan Tim Gugus Tugas dari Pemerintah Kabupaten Sikka dalam menjalankan tungsinya di Lingkungan STFK Ledalero.

Salah seorang pimpinan biara memberikan apresianya terhadap kinerja dari tim gugus Covid-19 STFK. Melalui WA beliau menulis: “it is a nice thing that we are keeping safe by washing our hands and have the temperature of the students checked. Thanks for the team (itu adalah hal yang baik bahwa kita tetap aman dengan mencuci tangan dan memeriksa suhu siswa. Terima kasih untuk tim),"  Isi pesan salah satu seorang pimpinan biara.

Editor: KJ

[zombify_post]