Sofyan Chandra, ST Pimpin Griya Kain Tuan Kentang

Sofyan Chandra, St Pimpin Griya Kain Tuan Kentang

Liputan4.com, Palembang- Griya kain  tuan kentang adalah salah satu sentra pengrajin kain di kota Palembang, yang berlokasi di Jalan Aiptu A Wahab Kelurahan Tuan Kentang kecamatan Jakabaring Palembang. Tempat ini menjadi kunjungan wajib bagi pelancong dari dalam ataupun luar negeri jika berada di kota Palembang.

Untuk menjalankan roda bisnis dan menerus roda keorganisasian di griya kain tuan kentang maka para anggotanya yang semuanya adalah pengrajin kain tenun mengadakan pemilihan ketua baru, jumat 18 September 2020. dan akhirnya terpilih  Sofyan Chandra, ST sebagai ketua griya kain tuan kentang periode 2020 – 2021 menggatikan ketua lama Habibi.


Sofyan Chandra, St Pimpin Griya Kain Tuan Kentang
Gedung Griya Kain Tuan Kentang

Iyan tenun panggilan akrab ketua baru terpilih mengatakan “Saya berterima kasih atas kepercayaannya menjadi ketua baru, memang berat dikarenakan saya memimpin di masa pandemi dimana masa sulit untuk penjualan, tetapi ke depan saya berharap griya kain tuan kentang ini menjadi pusat edukasi dan pelatihan bagi anak-anak putus sekolah di sekitar daerah kami dan tidak harus banyak cukup satu atau dua orang karena kalau banyak mereka tidak konsentrasi, lebih baik sedikit-sedikit tapi terus menerus agar ke depan griya kain tuan kentang bisa menjadi wisata edukasi tenun kain sekaligus juga sebagai penerus budaya tenun palembang agar tidak hilang ditelan jaman”.

Sofyan Chandra, St Pimpin Griya Kain Tuan Kentang
Suasana Pemilihan Ketua Griya Kain Tuan Kentang

Lebih lanjut Iyan yang juga alumnus Jurusan Teknik Industri Universitas Katolik Musi Charitas menjelaskan ” Untuk penjualan dan produksi sudah berjalan dengan baik jadi kami fokus program baru untuk edukasi dan pelatihan, serta kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia perwakilan Palembang yang sudah menjadi mitra kami selama ini”.

Pemilihan ketua baru griya kain tuan kentang turut dihadiri oleh perwakilan Bank Indonesia kota Palembang Retno, Elsa dan Febri sebagai bentuk dukungan kepada griya kain tuan kentang.