Sidang Peradilan Ruslan Buton Terkait Kasus Pembuatan Video Masih Berlanjut

Sidang Peradilan Ruslan Buton Terkait Kasus Pembuatan Video Masih Berlanjut

LIPUTAN4.COM,JAKARTA || Bertempat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Jalan Ampera Raya No.133 Kelurahan Ragunan Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan, digelar sidang pra peradilan ke-3 antara pihak Pemohon Ruslan Buthon dengan pihak Termohon Presiden RI Cq Kepala Kepolisian RI Cq Bareskrim Mabes Polri mulai pukul 10.30 WIB, Jum’at (19/06/2020).

Sidang pra peradilan ke-3 ini merupakan
agenda sidang pemeriksaan para saksi dan penyerahan barang bukti surat dari pihak Pemohon, atas berkas No.Perkara 62/Pid.Prap/2020/PN.JKT.SEL. Dimana
sidang praperadilan tersebut di laksanakan diruang Sidang Utama Prof. H.Oemar Seno Adji, SH yang dihadiri kurang lebih 30 orang termasuk Pimpinan sidang.


Dalam sidang praperadilan ke-3 ini dipimpin Majelis Hakim Haryadi SH, MH dengan Panitera pengganti Dedy, SH, MH, adapun pihak Pemohon diwakili kuasa hukum Tino Takhta Singaribun, SH,MH sedangkan dari pihak Pemohon diwakili kuasa hukum dari Bidkum Mabes Polri diantaranya Kombes. Pol. Syamsudin, SH, MH, Kombes. Pol. Tien Tuboro, SH, MH, AKBP Dian, SH MH, AKBP Drs. Susana, SH, MH, AKBP Dili, S.I.K, dan AKP Iwan, SH.

Sidang diawali dengan pemeriksaan bukti surat dari pihak Pemohon, dilanjutkan pemeriksaan saksi dari pihak pemohon. Dimana saksi pihak Pemohon berjumlah 7 orang, 5 orang saksi fakta dan 2 orang saksi ahli.

Dalam keterangan 7 orang saksi pihak Pemohon didalam persidangan, secara umum ke-7 saksi menyatakan bahwa mereka mengetahui Ruslan Buthon ditangkap setelah melihat video viral di Medsos dan layar televisi. Saksi sangat setuju dengan apa yang telah dilakukan Ruslan Buthon dan menyayangkan penangkapan yang telah dilakukan pihak Kepolisian dengan alasan sekarang ini jaman demokrasi dimana rakyat harus bersuara bukan malah ditangkap, ucap saksi ( Zulkarnaen n kusiadi).

Sedangkan saksi Sugeng Waras mengatakan, ” saya tidak setuju Ruslan Buton di tangkap karena telah membuat video, ini adalah alam Demokrasi. Saya berharap orang yang melaporkannya yaitu Aulia Fahmi bisa bertemu dan berdebat dengan saya, karena aulia Fahmi tidak berhak melaporkan sebab dia bukan kuasa Presiden, ” Ucapnya dengan geram. Adapun ke-7 saksi pihak Pemohon diantaranya Bambang Agus Yulianto, Suta Wijaya, Sis Supriadi, Zulkarnain, Kusiadi, Hardian P, dan Sugeng Waras.

Dalam kesaksiannya, para saksi yg dihadirkan oleh Pihak Pemohon tidak ada yang ditanya satupun oleh pihak Termohon maupun Majelis Hakim. Kuasa hukum Pemohon meminta kepada Majelis Hakim untuk menghadirkan Ruslan Buthon kedalam persidangan, namun dari pihak kuasa hukum Termohon keberatan.

Sidang berakhir sekitar pukul 14.20 WIB, dan akan dilanjutkan kembali hari senin ( 22/06/2020 ) mulai pukul 09.30 WIB dengan agenda pembuktian surat dan saksi dari Pihak Termohon. Dalam agenda persidangan yang akan datang dijadwalkan akan menghadirkan 2 orang saksi ahli dari pihak Termohon dan 1 orang saksi ahli dari pihak Pemohon.

Kontributor: Angga Ronanda

Editor : Redpel (Kuswandi)