Sempat Terendam Karena Sungai Meluap, BPBD Balangan Siagakan Anggota

  • Bagikan
Sempat Terendam Karena Sungai Meluap, BPBD Balangan Siagakan Anggota

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan sedikitnya ada Tujuh desa di Kecamatan Tebing yang digenangi air yang berasal dari luapan air sungai tersebut.

Ketujuh desa ini yaitu, yakni Desa Mayanau, 125 rumah, 129 KK dengan 450 jiwa, Desa Gunung Batu, 150 rumah, 335 jiwa, Desa Sungsum, 210 rumah, 249 KK dengan 752 jiwa, Desa Ju’uh, 50 rumah, 75 KK dengan 321 jiwa, Desa Simpang Bumbuan, 35 rumah 41 KK dengan 125 jiwa, Desa Simpang Nadung 50 rumah, 50 KK dengan 175 jiwa, Desa Tebing Tinggi, 182 rumah, 212 KK dengan 670 jiwa.

Plt Kabid Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Muhammad Syuhada mengatakan, terendamnya beberapa desa ini karena meluapnya air Sungai Batang Pitap, karena sebelumnya terjadi hujan yang cukup panjang di daerah hulunya.

Kondisi ini sendiri, kata Syuha, memang kerap kali terjadi saat hujan dengan curah hujan tinggi terjadi sebelumnya.

Untuk sementara, kata Syuhada, tidak ada korban jiwa sedangkan untuk unit relawan sudah berada di lokasi sejak informasi diterima, diantaranya TRC PB-BPBD Balangan, BPK Tariwin, BPK Rescue 304 Rica Jaya, BPK Ulin, Anggota Koramil Awayan dan Polsek Awayan.

“Kita selalu memantau dan mengsiagakan anggota untuk memantau kondisi di lapangan, terlebih hujan susulan kemungkinan juga akan terjadi. Kami himbau, agar masyarakat tetap selalu waspada khusunya yang berada di pinggiran sungai,” pungkasnya.(Liputan4.com).

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

32
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

16
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

60
0
0

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

32
1
0