Semarak Idul Adha, Warga Dusun Saren Doho Wonogiri Gotong Royong Sembelih Hewan Kurban

Semarak Idul Adha, Warga Dusun Saren Doho Wonogiri Gotong Royong Sembelih Hewan Kurban

Liputan4.com,Wonogiri – Warga di Dusun Saren/Jetis RT 02 RW 05, Desa Doho, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri merayakan Idul Adha 1443 H /2022 M dengan penuh sukacita. 

Setelah melaksanakan salat Idul Adha bersama di Masjid setempat, warga dengan cara gotong royong menyembelih hewan kurban yang diberikan oleh donatur. 


Semarak kurban ini terlihat, setiap warga saling membantu saat penyembelihan hewan kurban hingga pembagian daging kurban kepada warga yang berhak menerima. 

Tokoh masyarakat setempat Dwi Cahyono menyatakan, sejak beberapa tahun lalu di Dusun Saren (Jetis) telah rutin melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang diterima dari para dermawan. 

“Alhamdulillah warga disini sangat guyub rukun, mulai dari persiapan hingga pembagian daging kurban,” ucapnya, Minggu (10/7/2022). 

Ia menjelaskan, di Dusun Saren hanya dihuni 30 kepala keluarga (KK), tahun ini di Dusun Saren menyembelih 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing, bahkan, daging kurban juga dibagikan ke dusun tetangga untuk merasakan kebahagiaan bersama. 

Sementara itu, ketua panitia kurban Suradi (51) mengatakan, pihaknya memastikan semua warga terlayani dengan baik, ” Alhamdulillah semua warga dapat daging kurban,” ucapnya. 

Keguyuban masyarakat di Dusun Saren, terutama di momen Idul Adha diakui salah satu warga setempat, Kasmi (56). Ia pun bersyukur dapat menikmati daging sapi bersama-sama warga di lingkungannya.

“Kami semua warga Dusun Saren (Jetis) sangat berterima kasih kepada para dermawan. Kami di sini bersatu, Kalau misalnya ada warga yang berduka kami kompak membantu, termasuk momen kebahagiaan Idul Adha ini,” katanya.

Momen kebahagiaan Idul Adha juga menyapa warga yang bermata-pencaharian sebagai buruh dan petani. Salah satu pekerja buruh Parimin mensyukuri daging kurban yang ia dapatkan.

Menurutnya, sebagai pekerja buruh , ia dan keluarga jarang menikmati daging sapi.

“Biasanya hanya saat ada hajatan. Sedangkan untuk membeli daging jarang sekali karena uangnya lebih baik digunakan untuk kebutuhan yang lain,” ujar pria berusia 50 tahun ini.

Print Friendly, Pdf & Email