PPDB KOTA MEDAN 2022

Seluruh Lapisan Masyarakat Diharapkan Untuk Memahami 4 Pilar Kebangsaan

Seluruh Lapisan Masyarakat Diharapkan Untuk Memahami 4 Pilar Kebangsaan

Seluruh Lapisan Masyarakat Diharapkan Untuk Memahami 4 Pilar Kebangsaan

Liputan 4.com-Marabahan.Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr H Karlie Hanafi Kalianda SH MH mengharapkan, seluruh lapisan masyarakat Indonesia, termasuk di provinsinya agar memahami empat pilar kebangsaan.


“Empat pilar kebangsaan merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang harus kita pahami bersama seluruh lapisan masyarakat,” tegasnya saat sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Rabu (23/2/22).

“Karena empat pilar kebangsaan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” ujarnya.

Ia menerangkan, konsep empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara itu terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Keempat pilar tersebut merupakan satu kesatuan atau tidak bisa dipisah-pisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” demikian Karlie Hanafi Kalianda.

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Karlie Hanafi Kalianda saat sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Balai Pertemuan Kecamatan Barambai (sekitar 45 kilometer barat Banjarmasin), Kabupaten Barito Kuala (Batola), 23 Februari 2022. (Istimewa)

Sedangkan politikus senior H.Puar Junaidi, SSos, SH, MH yang bertindak selaku narasumber pada kesempatan itu antara lain mengatakan, empat pilar kebangsaan merupakan tiang penyangga yang kokoh agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

Puar yang pernah beberapa periode menjadi anggota DPRD Kalsel itu menjelaskan juga empat pilar kebangsaan tersebut memiliki kedudukan sederajat namun setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berberda.

“Empat Pilar tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk berdiri kokoh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri demi tercapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” bebernya.

Sementara Camat Barambai Wiwien Masruri, S.STP pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mandalam atas perkenan anggota DPRD Kalsel, H.Karlie Hanafi Kalianda menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di wilayahnya.

“Semoga sosialisasi yang disampaikan menambah wawasan dan memberikan suri tauladan. Karena banyak sekali nilai-nilai luhur budaya bangsa dari empat pilar tersebut yang bisa menjadi pedoman atau petunjuk dalam menjalani kehidupan bermasyarakat maupun bernegara, seperti sifat gotong royong, kerukunan umat beragama, persatuan, kesatuan dan lain-lain,” ujarnya.

Mereka yang hadir dalam sosialisasi di Balai Pertemuan Kecamatan Barambai (sekitar 45 kilometer barat Banjarmasin) tersebut nampak menyimak dengan serius.(Liputan 4.com).

Print Friendly, Pdf & Email