Selain Di Keluhkan Petani, Proyek Rehabilitasi Irigasi Di Waluya Baru Selesai Di Bangun Sudah Roboh

  • Bagikan
Selain Di Keluhkan Petani, Proyek Rehabilitasi Irigasi Di Waluya Baru Selesai Di Bangun Sudah Roboh

IPUTAN4.COM, BANDUNG || Petani keluhkan bangunan awal bendungan dan proyek pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi di wilayah Kampung Sawah Gede Desa Waluya, Kecamatan Cicalengka, Senin ( 09/11/2020).

Proyek rehabilitasi jaringan irigasi yang dikerjakan oleh CV. Dwi Tunggal Jaya menggunakan anggaran sebesar Rp. 551.550.000,- berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), selain dikeluhkan petani, juga baru beberapa hari selesai sudah roboh diterjang air sungai.

Selain Di Keluhkan Petani, Proyek Rehabilitasi Irigasi Di Waluya Baru Selesai Di Bangun Sudah Roboh
Ket : pekerja sedang memperbaiki TPT yang roboh

Hasil pantauan liputan4.com dilapangan, petani mengeluhkan rancangan bangunan awal dan rehabilitasi jaringan irigasi hasilnya tidak lebih baik. Sebagaimana yang disampaikan salah seorang petani pada hari minggu (08/11) di lokasi proyek, seharusnya panjang jaringan irigasi ini harus sama, karena ketika air dari hulu besar, air memutar di bagian bendungan kemudian berbelok meluap dan merendam ke area sawah kami.

” Siapa yang merancang awal bangunan irigasi ini sebenarnya, juga kenapa rehabilitasi jaringan irigasi ini tidak lebih baik malah lebih buruk, pekerjaan baru selesai sudah roboh kembali, ” ucap petani.

Selain itu, baru selesai dibangun beberapa hari saja, tembok penahan tanah (TPT) jaringan irigasi tersebut sudah roboh diterjang air sungai.

Terkait robohnya TPT tersebut, dikonfirmasi kepada pelaksana lapangan lewat pesan whatsapp dan telpon pada hari Kamis (05/11), Ade, mengatakan, mau menanyakan apa kang, banjir bandang itu tidak bisa diprediksi.

” Silahkan mau dimuat berita juga, nanti korannya saya beli, ” jelas Ade.

Ade menambahkan, hari ini saya lagi tidak di lokasi sedang di Jalak Harupat.

Kepada liputan4.com, Agus pegawai PUPR Bidang pengairan, mengatakan, secara kuantitas pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi tersebut sudah memenuhi, tapi secara kualitas tidak sesuai RAB/ Spesifikasi.

” Saudara Ade pelaksana ini, untuk pengerjaan di wilayah Cicalengka ini orang baru, saya belum mengenal karakter orangnya, dan kami hanya sebatas pengawasan walaupun secara legalitas kami juga tidak mempunyai SK untuk mengawasi kegiatan tersebut “.

Lanjut Agus, terkait robohnya TPT jaringan irigasi tersebut, kami sudah mendapat laporan dan sudah meninjau ke lokasi, kami meminta pelaksana untuk segera memperbaikinya karena sudah menjadi tanggungjawabnya, ” tukas Agus, Jum’at (06/11).

Sampai Senin (09/11), masih ada beberapa orang pekerja di lapangan terlihat dilokasi proyek, sedang memperbaiki TPT yang roboh tersebut.

Dengan anggaran yang begitu besar, seharusnya proyek rehabilitasi jaringan irigasi tersebut bisa bertambah baik dan bermanfaat buat masyarakat, khususnya petani. Tapi apa mau dikata, petani justru menjadi rugi karena terkena dampak luapan air sungai  karena panjang jaringan irigasi ini tidak sama ( panjang sebelah).

Ditambah, kualitas bangunan yang buruk menyebabkan baru beberapa hari selesai dibangun saja, sudah roboh diterjang air sungai.

Untuk itu, pihak-pihak terkait seharusnya bisa mensikapi kondisi tersebut, dengan turun ke lapangan untuk memeriksa dan mengaudit hasil kerja perusahaan yang membangun rehabilitasi jaringan irigasi di Kampung  Sawah Gede Desa Waluya, Kecamatan Cicalengka. Sehingga kedepannya tidak terjadi lagi proyek-proyek yang asal-asalan, yang merugikan negara dan masyarakat banyak.

Penulis : kuswandi

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

34
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

16
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

65
0
0

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

34
1
0