Sekda Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi, Monitoring, Dan Evaluasi Bersama KPK

  • Bagikan
Sekda Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi, Monitoring, Dan Evaluasi Bersama KPK

Liputan4.com,Kalteng- Sekretaris Daerah (Sekda) Fahrizal Fitri menghadiri Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi, Monitoring dan Evaluasi bersama KPK, Selasa (06/04/2021) di Aula Jayang Tingang, Komplek Kantor Gubernur, Palangka Raya.

Rakor yang dihadiri pula oleh Kepala Satuan Tugas Pencegahan Koordinasi dan Supervisi (Satgas Korsup) Wilayah III KPK Edi Suryanto ini diikuti oleh sejumlah Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang terkait dengan 8 (delapan) area intervensi KPK.

Sekda Fahrizal Fitri menyampaikan bahwa Rakor ini dilaksanakan berkenaan dengan pembahasan program pencegahan korupsi di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Ada 8 area yang menjadi proses penilaian, yang pertama pada area APBD, kedua Pengadaan Barang dan Jasa, ketiga Perizinan, keempat penguasaan APIP, kelima Manajemen ASN, yang berikutnya adalah Optimalisasi Pajak Daerah (Pendapatan Asli Daerah), ketujuh Manajemen Aset, dan yang terakhir Dana Desa. Untuk Dana Desa ini kita provinsi tidak ada, karena termasuk di kabupaten,” ujar Fahrizal Fitri.

Lebih lanjut dipaparkan oleh Sekda, bahwa dalam rangka pencapaian Monitoring Centre for Prevention (MCP) Provinsi Kalimantan Tengah, seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Gubernur, terjadi penurunan nilai berkenaan dengan pencapaian-pencapaian. Diharapkan ada upaya-upaya bersama untuk perbaikan, terutama pada beberapa area yang menjadi perhatian.

“Kemarin itu kalau saya lihat di area optimalisasi pendapatan daerah di angka (pajak daerah) 54,87, manajemen aset kita masih di angka 63,15. Perlu ada peningkatan-peningkatan lain, misalnya APBD kita, juga manajemen ASN kita. Ini adalah harapan kita, kalau bisa lebih meningkatkan lagi komitmen kita bagaimana upaya-upaya pencegahan korupsi ini bisa menjadi bagian jalannya proses pemerintahan di Kalimantan Tengah,” beber Sekda Kalteng.

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Pencegahan Koordinasi dan Supervisi (Satgas Korsup) Wilayah III KPK Edi Suryanto menyampaikan bahwa secara hasil rata-rata nasional, kita patut berbangga masih di atas cukup jauh karena rata-rata nasional tahun 2020 kemarin 64.

“Sementara untuk Pemprov Kalteng 82,78, jadi ya Alhamdullilah, walaupun peringkatnya masih 79. Kalau jumlah Provinsi saja 34, mestinya itu minimal target kita,” ungkap Edi Suryanto.

Turut hadir dalam rapat ini antara lain Inspektur Sapto Nugroho, Kepala BKAD Nuryakin, Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra Hamka, Kepala Bappedalitbang Yuren S. Bahat, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Suhaemi, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Leonard S. Ampung, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kaspinor, Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Agus Siswadi, dan Kepala Biro Hukum Saring.
(7on)

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

31
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

16
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

59
0
0

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

32
1
0