News  

Sejumlah Warga Gowa Keluhkan Air PDAM yang Kotor

GOWA – Sejumlah warga mengeluhkan air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gowa yang dinilai kotor. Hal itu dirasakan masyarakat di Kompleks Mutiara Permai 1, Kelurahan Paccinongan.

Salah satu warga, Erviani Rasyid mengatakan, dirinya beberapa kali mendapatkan air keruh dirumahnya. Dia mengaku, pada pagi warna air tersebut normal saja. Namun saat memasuki malam hari, air tersebut mulai berubah.


“Airnya lebih dominan keruh. Pagi mulai pukul 06.00 hingga 11.00 Wita air lancar dan bersih dan setelah itu air sudah berhenti mengalir. Nanti akan mengalir kembali saat malam dengan warna yang sangat keruh. Selain itu, kalau musim hujan, air tidak mengalir tapi kalau musim kemarau, air mengalir tapi keruh,” katanya kepada wartawan, Sabtu (15/6/2019).

Ia menjelaskan, sejak dirinya yang telah berdomisili di daerah tersebut tahun 2014, dirinya belum pernah mendapatkan pelayanan air bersih dari PDAM Gowa hingga saat ini. Kadang kala, dirinya terpaksa menggunakan air galon untuk keperluan mandi dan keperluan lainnya.

Selama air di rumahnya yang keruh, dirinya tetap membayar tagihan air sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Selain Erviani, tetangganya pun demikian. Dirinya tidak bisa berbuat apa-apa setelah air yang mengalir dirumahnya tersebut berubah menjadi keruh.

Pantauan Rakyatku.com, air di dalam kamar mandi rumah tersebut berwarna coklat. Dirinya tidak menggunakan air keruh tersebut karena alasan kesehatan.

“Kadang jika saya sudah mengadu, airnya langsung normal kembali. Saya menduga, pihak PDAM memiliki air cadangan yang akan disalurkan masyarakat ketika selesai mengadu,” ucap seorang warga yang enggan disebut namanya.

Direktur Teknik PDAM Gowa, Irianto Razak mengatakan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan atas semua keluhan masyarakat.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Semua juga ini adalah proses ada kadang ada hal-hal yang di luar dugaan kita sehingga itu bisa terjadi di masyarakat. Intinya kami tidak tinggal diam atas laporan kekeruhan tersebut,” pungkasnya.