Sejarah Baru Bagi Umat Katholik, 33 Uskup se-Indonesia Hadir di Jayapura ikuti Prosesi Pentabisan Uskup Pertama OAP

JAYAPURA, liputan4.com – Sejarah tercipta di Tanah Papua di tahun 2023. Sebanyak 33 Uskup dari seluruh Indonesia hadir pada Misa Pentahbisan Uskup Jayapura. Ditambah lagi, yang ditahbiskan merupakan Uskup orang asli Papua yang pertama sepanjang sejarah, Uskup Yan You.

Sedangkan dari luar negeri, Uskup negara tetangga Papua Nugini juga telah tiba.


“Namun untuk Timor Leste tidak jadi hadir. Mereka agak sedikit kesulitan untuk masuk ke Indonesia,” ungkap Ketua Panitia, Elpius Hugi, kepada pers di Jayapura.

Uskup Mgr. Yanuarius Theopilus Matopai You merupakan Putra Papua pertama yang menjadi Uskup. Yan You merupakan orang asli Papua (OAP) pertama dari suku Mee Pago.

Lagi kata Hugi, kegembiraan atas pentahbisan ini bukan hanya milik umat Katolik namun juga menjadi sukacita bagi seluruh umat beragama di tanah Papua.
Ia menjelaskan, umat beragama Kristen dari berbagai nominasi dan juga umat Muslim, Budha dan Hindu menyatakan kegembiraannya dengan turut hadir menyaksikan acara pentahbisan bersejarah itu.

KAPOLRES PULAU TALIABU

Dikatakan Hugi, untuk urusan keamanan panitia sudah berkoordinasi dengan Kodam XVII Cenderawasih dan Polda Papua. Kodim 1701 Jayapura, Polresta Jayapura Kota.

“Kegiatan ini juga di backup oleh orang muda Katolik, OMK dari seluruh Keuskupan dan 4 Dekenat. Selain itu juga Pemuda Katolik, PMKRI serta teman – teman dari HMI, GMKI dan juga organisasi yang lain,” bebernya.

Elpius yang juga Kabiro Umum Setda Provinsi Papua ini menegaskan, bahwa Papua adalah tanah damai. Untuk itu pesta pentahbisan ini bukan hanya orang Katolik saja yang mengambil bagian tetapi semua orang juga ikut terlibat.

“Uskup kita ini keluarganya sebagian ada di Kemah Injil dan sebagian besar juga ada di Katolik. Seperti Pak Nason Utti teman dari gereja Kingmi. Namun ambil bagian. Inilah hebatnya Papua yang menyatu untuk Indonesia,” tandasnya.(*)