News  

Segudang Prestasi, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara Yang Baru.

Segudang Prestasi, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara Yang Baru.

Liputan4.com, Gorontalo-Rabu (17/06/2020) di Aula Tinepo, Kantor Bupati Gorontalo Utara, Rizal Y. Kune dilantik dan diambil sumpahnya sebagai pejabat tinggi Pratama dan Administrator di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, oleh Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin SH MH dan Hari ini Jumat (19/06/2020) dilakukan Serah Terima Jabatan (Setijab) dari Pelaksana Tugas Harian Kadinkes Gorut Hi. Thamrin Yusuf kepada Pejabat Baru Kadinkes Gorut Rizal Y. Kune S.Km.

Kegiatan Sertijab ini turut dihadiri oleh Sekertaris Daerah Gorut Ridwan Yasin SH.MH, Kaban BKKP, Kepala Kesbang, Para Kapus dan para staff Dinkes Gorut.


Segudang Prestasi, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara Yang Baru.Moment Foto bersama sesudah Sertijab.

Nama Rizal Y. Kune sudah tak asing lagi di bidang kesehatan khususnya di Kabupaten Gorontalo Utara, meniti karirnya dari awal sebagai petugas medis di Puskesmas Tolinggula kemudian membawanya menjadi Kepala Puskesmas Tolinggula, melalui berbagai inovasi yang dilakukan oleh pria yang "low profile" membuat Puskesmas Tolinggula meraih predikat sebagai satu-satunya Puskesmas Terbaik dan Terakreditas Utama di Kabupaten Gorontalo Utara.

Segudang Prestasi, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara Yang Baru.Momenfoto bersama sesudah Sertijab.

Menempatkan sosok Rizal Kune SKM sebagai Kepala Dinas Kesehatan di nilai sangat tepat oleh Tokoh-tokoh masyarakat, dengan dedikasinya selama menjalankan tugas sebagai aparatur sipil negara tak diragukan lagi. Dengan segudang prestasi, Bupati Indra Yasin SH.MH pada periode pertamanya mengangkat Rizal sebagai Camat Tolinggula di tahun 2017, dan diembannya selama 3.5 tahun sebelum kembali dilantik sebagai salah satu pejabat tinggi pratama dilingkungan Pemda Kabupaten Gorontalo Utara.

Sebagai Camat Tolinggula, Rizal Y. Kune banyak menorehkan prestasi,di wilayah yang membatasi Propinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah tersebut. Pada tahun 2018, di Bidang Kesehatan Rizal Y. Kune berhasil membawa 4 Desa sekaligus di wilayahnya memperoleh pengharagaan sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) atau Tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang merupakan salah satu pilar dari program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) oleh Kementrian Kesehatan. Penghargaan ini diterima oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra YasinSH.MH yang pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2018 yang kala itu dilaksanakan di Tolinggula.

Prestasi lainnya adalah berhasil membawa Desa Tolinggula Tengah meraih Desa Terbaik III Tingkat Nasional pada Lomba Desa 2019, yang pada saat itu bekerja sama dengan Para Tenaga Pedamping Profesional Indonesia (TPPI) dari Program Pembangungan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan menghantarkan Bupati Indra Yasin SH.MH untuk hadir sebagai peserta Upacara Bendera HUT Proklamasi 17 Agustus 2019.


Segudang Prestasi, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara Yang Baru.Saat Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan, diapit oleh Camat Monano dan Camat Biau.

Rizal Y. Kune satu-satunya Camat di Kabupaten Gorontalo Utara yang pertama melakukan pergeseran anggaran APBDes di 10 Desa di Kecamatannya untuk biaya penanggulangan Covid-19, pada saat pandemi dinyatakan musibah nasional, merujuk pada amanat Permendagri dan Permendesa, dan diberi tanggung jawab menjadi Kodinator Posko Gugus Tugas di wilayah perbatasan Gorontalo- Sulteng, berhasil menekan arus pergerakan orang masuk menuju Gorontalo, terutama saat diberlakukan PSBB I, II dan III.

Segudang Prestasi, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara Yang Baru.Kenangan di Tapal Batas Tolinggula sebagai Kordinator Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19

Dan masih banyak lagi prestasi yang diraihnya baik ditingkat Kabupaten Gorontalo Utara maupun Propinsi Gorontalo. Inilah yang menjadi modal utama dalam menjalankan tugas barunya sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara, yang sangat diharapkan berperan didepan dalam menapaki era Hidup Normal Baru. (gery)

[zombify_post]