News  

Sebanyak 575 Anggota DPR RI Periode 2019-2024, Mengikuti Prosesi Pengambilan Sumpah

Jakarta, 1 Oktober 2019.

Liputan4.com. Sebanyak 575 Anggota DPR RI hasil Pemilu Serentak 2019 secara resmi dilantik pada hari ini di Gedung ‘Kura-kura’, Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Untuk Masa Bakti tahun 2019-2024.


 

Berikut kutipan Pengambilan Sumpah, Pada Prosesi Pelantikan Anggota DPR RI Periode 2019/2024

 

“Apakah saudara bersedia bersumpah menurut agama dan kepercayaan saudara masing-masing,” ujar Hatta kepada wakil rakyat baru itu.

 

Mendengar pertanyaan itu, seluruh wakil rakyat baru itu menyatakan kesediaannya.

 

“Bersedia,” jawab mereka serempak.

 

Hatta lalu mengingatkan kembali sumpah atau janji itu harus ditepati untuk kebaikan bangsa dan negara Indonesia secara keseluruhan. Setelah itu, Hatta pun menuntun pembacaan sumpah secara perlahan-lahan agar bisa diikuti para wakil rakyat.

KULIAH GRATIS BEASISWA

 

“Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah/berjanji: bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan; bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

 

(Dd.s)