x

Satpolairud Polres Kepulauan Seribu Gelar Patroli Laut Antisipasi Kejahatan

waktu baca 2 menit
Senin, 1 Jul 2024 18:27 0 29 TAUFIK ARIFIN

Jakarta – Satpolairud Polres Kepulauan Seribu melaksanakan patroli laut dialogis di wilayah perairan Kepulauan Seribu pada hari Senin, 1 Juli 2024. Patroli ini menggunakan Kapal Patroli KP. VII – 40 – 203 dengan tujuan mengantisipasi tindak kejahatan di laut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di perairan.

Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, yang memimpin patroli tersebut, menghimbau kepada para nelayan untuk tidak melakukan illegal fishing. Ia menegaskan bahwa penggunaan potasium dan bahan peledak untuk menangkap ikan dilarang keras karena dapat merusak ekosistem laut dan membahayakan keselamatan.

“Para nelayan harus memahami bahwa illegal fishing tidak hanya merugikan ekosistem, tetapi juga dapat merugikan masa depan anak cucu kita. Penggunaan bahan berbahaya seperti potasium dan bahan peledak sangat berbahaya dan merusak biota laut,” kata AKP Dasiman.

Selain itu, AKP Dasiman juga mengingatkan para nelayan untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk yang sering terjadi di perairan Kepulauan Seribu. Ia menekankan pentingnya menyediakan peralatan keselamatan seperti life jacket dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di kapal mereka.

“Keselamatan adalah yang utama. Pastikan kapal dilengkapi dengan life jacket dan APAR agar dapat digunakan dalam keadaan darurat. Juga, selalu perhatikan informasi cuaca sebelum melaut untuk menghindari risiko,” tambahnya.

Dalam patroli tersebut, AKP Dasiman juga mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan setiap kejadian atau aktivitas mencurigakan kepada pihak kepolisian. Hal ini penting untuk menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah perairan.

Patroli laut dialogis ini disambut baik oleh para nelayan dan warga sekitar. Mereka merasa lebih tenang dengan kehadiran patroli rutin dari Satpolairud Polres Kepulauan Seribu. “Kami merasa lebih aman dan terbantu dengan adanya patroli ini. Semoga patroli seperti ini terus dilaksanakan secara rutin,” ujar salah satu nelayan.

Dengan adanya patroli laut ini, diharapkan wilayah perairan Kepulauan Seribu tetap aman dan kondusif, serta masyarakat lebih sadar akan pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan di laut.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x