Sambut Tahun Baru 2022 Masyarakat Berziarah Di Makam Religi Opu Daeng Manambon Kab.Mempawah

Sambut Tahun Baru 2022 Masyarakat Berziarah Di Makam Religi Opu Daeng Manambon Kab.mempawah

Liputan4.com,Kalbar
Sabtu-01-01-2022
Pergantian Tahun Menjadi Momen Mengintropeksikan diri apa yang Sudah dilakukan Serta apa yang akan dilakukan pada pergantian tahun berikutnya,termasuk dengan doa.
Salah Satu Warga atau pun Masyarakat Setempat Menyambut Pergantian Tahun Dengan Tradisi Melakukan rangkaian kegiatan ziarah ke makam Religi Opu Daeng Manambon kabupaten Mempawah,
Sabtu-01-01-2022

Dalam prosesi kegiatan masyarakat berziarah ke makam ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para Raja atau leluhur Mempawah.”Ziarah ini adalah mengingat leluhur dari pendiri Mempawah Sebelumnya,”ucapnya Bapak Yusnaini Salah satu pengunjung kepada awak media.


Yusnaini pun berpesan kepada Seluruh masyarakat,terutama generasi muda agar senantiasa memiliki dan menjaga,serta mencintai budaya kita sendiri.
Sementara itu yusnaini mengatakan inti dari kegiatan Ziarah adalah untuk mengenang jasa-jasa dan dapat mengambil contoh dari para pemimpin terdahulu.
“Dengan demikian,dapat menjadi contoh bagi pemimpin sekarang,biarpun beliau sudah terbaring di alam yang abadi,tapi jasa-jasanya masih dikenang untuk kehidupan yang fana ini,”tutur Bapak Yusnaini.

Bapak Yusnaini berharap,para pemimpin ke depan dapat bermanfaat semasa hidupnya.”masa bertugas dan masa berkuasa,agar hingga tiada pun masyarakat dapat selalu mengenang jasa-jasanya,”ujarnya.
“Bapak Yusnaini berharap semoga pemerintah setempat bisa merenovasi atau mengangarkan makam komplek Opu Daeng Manambon ini di desain sehingga dapat memunculkan bentuk aslinya,untuk supaya menarik para pengunjung dalam berZiarah memiliki rasa kenyaman dan keamanan dalam berZiarah ini,”ungkap Bapak Yusnaini kepada awak media.
Wartawan Basori

Print Friendly, Pdf & Email