Sambut Momen Harganas, Dispersip Palnam Selenggarakan Webinar ke 30 “Budaya Literasi Keluarga Milenial”

Reporter: Dessy Nathalia Kategori: Informasi Teknologi, Pemerintahan, Pendidikan
  • Bagikan
Sambut Momen Harganas, Dispersip Palnam Selenggarakan Webinar ke 30 "Budaya Literasi Keluarga Milenial"
Sambut Momen Harganas, Dispersip Palnam Selenggarakan Webinar ke 30 "Budaya Literasi Keluarga Milenial"
Webinar ke 30 Dispersip Palnam (Poto Dado)

Liputan 4.com, Banjarmasin-Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang berpengaruh pada pembentukan karakter anak karena di dalamnya terikat oleh ikatan emosi dalam pertalian darah yang kuat, Peran orang tua dalam budaya membaca sangat di butuhkan dalam semangat literasi keluarga agar dapat menumbuhkan kesadaran arti pentingnya banyak membaca di keluarga, keluarga yang pintar adalah keluarga yang cakap secara literat.

Mulailah tanamkan kecintaan anak terhadap buku sesuai usia dan minat, keluarga adalah ujung tombak pembentukan karakter dan akhlak mulia, peran keluarga sangat penting terhadap terciptanya generasi emas yang berkualitas.

Kali ini bertepatan dengan momen Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2021, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Selatan melakukan Kegiatan virtual Selasa (29/6/2021) pukul 08.00 Wib atau Pukul 09.00 Wita, 10.00 WIT s.d. selesai.
Tema yang diangkat adalah, “Budaya Literasi Keluarga Milenial”

Virtual Talkshow dibuka Hj Dra Nurliani Dardie M.AP (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan)

Dalam virtual  tersebut Dispersip Kalsel telah melaksanakan zoom meeting yang ke 30 kalinya selama masa pandemi covid 19, turut juga menghadirkan narasumber,  diantaranya, Narasumber, 1.Nadia Mulya ( Presenter, Artis dan Penulis Buku parenting), 2.Bambang Bimo Suryono ( Kak Bimo ) ( Pengkisah Nasional), 3.Emma Yuniarrahmah, S.Psi.,M.A ( Psikolog Universitas Lambung Mangkurat ), 4. Shinta Anggreany, M.Si ( Penyuluh Ahli Pertama pada (BPTP) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan ) selaku Moderator.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Nurliani Dardie M.AP biasa disapa Bunda Nunung menjelaskan bahwa kegiatan ini penting dilakukan untuk Perkembangan zaman yang semakin canggih memudahkan manusia untuk mengakses informasi secara cepat. Informasi tersebut diperoleh baik itu melalui media elektronik, media massa maupun yang didapat dari media sosial. Penggunaan HP, android maupun teknologi lainnya bukan barang baru lagi, tetapi sudah merupakan kebutuhan. Khususnya bagi generasi muda atau disebut generasi zaman now (milenial).

“Meski, kita di era pandemi Covid-19 maka kita tetap harus berinovasi , Tapi dengan cara aman yakni melalui talk show virtual ini,” tandas Bunda Nunung .

Tanpa terasa setahun lebih pandemi melanda Negeri kita dan berbagai belahan dunia lainnya. Namun hal tersebut tidak lantas membuat Dispersip hanya berdiam diri tanpa melakukan apa-apa, justru situasi pandemi ini menuntut kita agar lebih kreatif dan adaptif. Kalau sebelumnya kami aktif mendatangkan penulis-penulis seperti Duta Baca Indonesia Nazwa Shihab, Ahmad Fuadi, Dee Lestari, Kang Abik, Asma Nadia, Faisal oddang, andy Arsyil dan lain-lain.
Insyaallah kita akan terus konsisten melaksanakannya, walau hanya melalui virtual, bebernya.

Harapan kami agar Kegiatan Talk Show Virtual ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat untuk kita semua. Pesan saya agar kita tetap menjaga Kesehatan dengan 4 M, Mencuci Tangan pakai sabun dengan air mengalir, Memakai Masker, Menjaga Jarak aman dan Menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga dan makan makanan bergizi serta yang tak kalah pentingnya adalah Berdoa agar kita bisa melewati Pandemi ini dengan selamat dan sehat, dengan harapan tetap semangat membangun Literasi di Banua Kalimantan Selatan Khususnya dan Indonesia pada umumnya, harap Bunda Nunung.

Bunda Nunung mengatakan, “khusus Terimakasih kepada anak-anak, semua Staf Dispersip prov Kalsel baik yang berada di Km 6, di Piere Tendean Banjarmasin maupun di Depo Arsip Prov Kalsel di Banjarbaru yang di koordinir oleh Dr. M. Ramadhan, S.E., ME.Ak., CA Sekretraris Dispersip dan Wildan Akhyar, SE., M.Si Kabid Pelayanan dan Pembinaan yang telah mempersiapkan Acara Talkshow Virtual sejak awal hingga yang ke 30 pada hari ini,” Harap maklum kantor saya ini banyak berada di tiga lokasi sedangkan bundanya cuma satu, pungkas Bunda Nunung.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan