"MARI SIAPKAN JIWA RAGA UNTUK MENJEMPUT KEAGUNGAN LAILATUL QADAR DAN KITA SEMUA MENJADI PILIHANNYA UNTUK MENDAPATI RAHMAT DAN MAGFIRAH-NYA DAN KEMBALI MENJADI HAMBA YANG DIKASIHI. MARHABAN YA RAMADHAN.""JIKA HATI SEPUTIH AWAN, JANGAN BIARKAN IA MENDUNG. JIKA HATI SEINDAH BULAN, HIASI DENGAN SENYUMAN. MARHABAN YA RAMADHAN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA."

Sambut Bulan Suci! Muli Mekhanai Kayu tabu Gotong Royong Bersihkan Makam

  • Bagikan
Sambut Bulan Suci! Muli Mekhanai Kayu tabu Gotong Royong Bersihkan Makam

Liputan4.com Lampung selatan

Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan,Mekhanai serta masyarakat kayu tabu membersihkan Makam Umum Di dusun kayu tabu Desa kelawi kecamatan bakauheni,kamis( 08/04/21).

Sinar matahari pagi mulai berangsur naik, terlihat muli mekhanai kayu tabu berduyun-duyun menuju ke area pemakaman umum atau TPU,dan Para warga terlihat membawa berbagai peralatan seperti cangkul dan sabit, Setelah memasuki area makam Dusun mereka seperti sudah mengetahui tugasnya masing- masing karna sudah terbiasa dan menjadi tradisi setiap tahunnya.

Sambut Bulan Suci! Muli Mekhanai Kayu tabu Gotong Royong Bersihkan Makam

Menurut warga ,Kegiatan ini adalah gotong royong bersama bersih-bersih makam dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan,yang mana kegiatan ini menjadi kegiatan yang positif agar makam dan area sekitar menjadi bersih,dan ini merupakan salah satu inisiatif muli mekhanai dan masyarakat yang ada.

yang biasa dilakukan umat muslim di Indonesia dalam menyambut bulan suci Ramadhan,Yang salah satunya dengan bergotong royong membersihkan makam Di Dusun pada umumnya,tampak guyub rukun mereka membersihkan rumput dan tanaman yang tumbuh liar di areal makam.

Ada yang merapikan tanaman yang tumbuh liar dan dipotong menggunakan mesin Rumput sabit, Arit dan alat se adanya

Begitu pula yang lain, membersihkan rumput dengan cangkul dan sebagian lainnya mengumpulkan rumput ilalang dan batang pohon yang kering untuk terus dibakar,Saat ditemui disela-sela kegiatan Ahmad Riandi dan Pak khoirudin Saiful Hayat, dkk.

Warga Dusun kayu tabu , mengatakan bahwa bersih makam dalam rangka memyambut Bulan suci Ramadhan dan juga bersih bersih ini,mengharapkan semua Muli mekhanaai kayu tabu dan warga yang ikut bergotong Royong terhadap area yang akan di bersihkan dan benar- benar dimaksimalkan.

agar lingkungan area tempat makam selalu nampak bersih, rapi, sejuk dan indah,Muli mekhanai dan “Para warga ini sejak pagi sudah menuju pemakamakan untuk membersihkan makam yang ada di Dusun kayu tabu Desa kelawi ini.

Bukan hanya makam keluarganya saja, tapi juga makam warga lainnya juga turut ikut dibersihkan agar nampak rapi”,ujarnya,Bapak Khoirudin dkk.

Di tambahkan Olehnya, kerja bakti atau gotong royong membersihkan makam ini memang rencana dilakukan setiap menjelang bulan suci Ramadhan,Juga muli mekhanai ujung aspal setelah habis bergotong royong langsung memotong kayu yang roboh mengahalangi jalan akibat di hantam angin kencang kemarin malam.

“Dalam Agama Islam memang sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan baik kebersihan diri, rumah, lingkungan maupun makam, yang memang menjaga kebersihan adalah salah satu sunah Rasul Muhammad SWA”,(Ardiyanto).

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Kel. Hj.Rampeani Rachman Gelar Bukber Dan Malam Pisah Bersama Kepala UPBU Timika Syamsuddin Soleman

23
0
0

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

45
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

22
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

71
0
0