Sambut 1 Muharram 1442 Hijriyah Warga Dusun Gunung Goci Adakan Syukuran

Sambut 1 Muharram 1442 Hijriyah Warga Dusun Gunung Goci Adakan Syukuran

Liputan.4.com Ketapang Lampung Selatan – Warga Dusun Gunung Goci, Desa Ruguk Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan,(Lamsel) mengadakan Syukuran menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1442.Hijriyah, dibalai Dusun setempat,sabtu,(29/Agustus/2020).

Pergantian tahun baru Islam tersebut, yang sering disebut 1 Muharram 1442.Hijriyah atau istilah Jawa Suroan, yang memang setiap tahunnya selalu diperingati oleh warga Dusun Gunung Goci, dan dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharamnya, yang jatuh pada hari, Sabtu,(29/Agustus/2020).


Sambut 1 Muharram 1442 Hijriyah Warga Dusun Gunung Goci Adakan Syukuran

Hadir dalam rangkaian acara, Camat Ketapang Madro’i,S,e, Kades Ruguk Saiful S,e, ketua BPD Kriya Muksin, Kadus Gunung Goci Kodrat Sumardi, Satpol Pp Desfi, Linmas, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Sesepuh Kampung, warga Dusun Gunung Goci, serta Kadus lainya.

“Kades Ruguk Saiful,S,e dalam sambutan mengatakan, sangat berterimakasih pada Camat Ketapang Madro’i,S,e karena bisa hadir ditengah-tengah kita semua, dan bisa menjalin silaturahmi, dalam acara menyambut tahun baru Islam ini, mudah-mudahan kita semua yang disini diberikan keberkahan serta keselamatan dan terhindar dari wabah covid-19 yang kini sedang melanda Indonesia.Dan tidak lupa juga menghimbau warganya untuk selalu terapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Sambut 1 Muharram 1442 Hijriyah Warga Dusun Gunung Goci Adakan Syukuran

“Kodrat Sumardi Kadus Gunung Goci menerangkan adapun tujuannya dalam peringatan tahun baru Islam, atau istilah Jawanya, Suro’an untuk meminta kepada yang maha Kuasa, agar semua yang ada di bumi ini, khususnya warga Dusun Gunung Goci dan Desa Ruguk serta Desa-desa lainnya di Kecamatan Ketapang diberikan keselamatan serta keberkahan,” lanjutnya.

“Untuk menyambut tahun baru Islam, warga Dusun Gunung Goci bergotong royong bahu membahu untuk mempersiapkan segalanya seperti, Nasi Tumpeng, kembang, buah-buahan, serta bahan lainnya yang dibutuhkan.Setelah semuanya siap barulah penyembelihan kambing, yang nanti Kepala kambing tersebut akan kita kubur ditempat yang sudah disiapkan,” jelasnya.

“Ditambahkan oleh Mbah Wagiman Sunoto selaku sesepuh Kampung, atau orang yang dituakan diKampung tersebut, mengatakan kita barusan menguburkan kepala kambing dan tujuan nya meminta Do’a kepada Allah SWT agar kita semua untuk kedepannya bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.Dan semoga wabah covid-19 ini bisa cepat berlalu dari Indonesia,” ungkapnya.

“Camat Ketapang Madro’i,S,e saat diwawancaranya mengatakan, Dirinya sangat menyambut baik kegiatan Syukuran tersebut, apalagi ini menyambut tahun baru Islam 1 Muharram.Intinya mereka disini berdo’a bersama meminta keselamatan untuk warga serta Desanya agar diberkahi.Syukuran ini juga bisa menambah keakraban warga Dusun itu sendiri, juga akan menjadi dekat satu sama lainnya,” lanjutnya.

“Dirinya bangga melihat kekompakan warga yang ada diDusun Gunung Goci tersebut, walaupun mereka mengadakan Syukuran, akan tetapi mereka menggunakan protokol kesehatan, dan memang itu yang selalu kita himbaukan kepada warga,” pungkasnya.(Jupri/Mustalib)