PPDB KOTA MEDAN 2022
News  

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Berlakukan BPJS Kesehatan Pada Poli Onkologi dan Kemoterapi

Rsud Dr. H. Moh. Anwar Sumenep Berlakukan Bpjs Kesehatan Pada Poli Onkologi Dan Kemoterapi

Liputan4.com, Sumenep – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah memberlakukan BPJS pada Poli Onkologi dan Kemoterapi. Hal itu pertama ada di Madura.

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep buka Poli Onkologi dan Kemoterapi menjadi kabar baik untuk masyarakat Sumenep. Namun pada tahun 2022 ini, tepatnya pada tanggal 11 Februari itu masyarakat sudah bisa menggunakan BPJS kesehatan.


“Kemarin masyarakat sudah bisa mengakses layanan Poli Onkologi dengan BPJS kesehatan itu yang masyarakat,” kata Kasi Informasi RSUD, Arman Endika Putra saat diwawancarai di kantornya, Senin (14/3/2022).

Yang harus diketahui oleh masyarakat Madura khususnya Sumenep, Poli Onkologi ini adalah yang menangani penyakit keganasan seperti kanker, tumor dan dirumah sakit ini ada unit kemoterapi.

Jadi pasien yang diagnosis menderita kanker dan harus mendapatkan layanan kemoterapi seperti yang diketahui sendiri layanan kemoterapi tidak murah.

“Tapi sejak tanggal 11 Februari 2022 masyarakat sudah bisa menggunakan bpjs untuk kemoterapi jadi ini kabar gembira untuk masyarakat jadi yang sebelumnya kita merujuk ke Surabaya. Sekarang sudah tidak perlu lagi dirujuk lagi. Karena di rumah sakit sudah bisa menangani kemoterapi jadi seperti itu,” jelasnya.

Hal itu menjadi kabar gembira bagi masyarakat Sumenep dan harus tau semua. Karena Sumenep sudah menyediakan layanan sedemikian komplit tiap tahunnya bertambah.

“Yang jelas masyarakat harus punya BPJS aktif bisa di gunakan kalau masyarakat ada yang tidak punya harus mendaftar dulu di BPJS kesehatan,” paparnya.

Pihaknya memaparkan, untuk mengakses layanan Poli Onkologi dan kemoterapi itu masyarakat harus punya BPJS aktif bisa digunakan.

“Jadi prosedurnya tetap seperti biasa rujukan berjenjang dari Puskesmas dulu atau dari dokter keluarga dulu. Habis itu kan mendapatkan rujukan di bawa ke rumah sakit Poli Onkologi. Kemudian dilakukan pemeriksaan di sana kalau misalnya dia harus mendapatkan layanan kemoterapi, maka dia tidak perlu dirujuk lagi sudah bisa di lakukan di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep,” jelasnya.

“Untuk dokternya itu Jumat sama Sabtu, dokternya Poli Onkologi yaitu dr. Khusnul Gaib konsultan Poli Onkologi Khusus Poli Onkologi. Ya, Tapi kalau poli bedah setiap hari, kalu poliongkologi matau biasa di sebut poliongkologi saja itu jumat sabtu,” ujarnya lagi.

Harapan Arman, masyarakat benar-benar memanfaatkan layanan ini. Masyarakat memiliki keluhan terkait penyakit yang keras segera ke dokter agar tidak terlambat penanganannya.

“Jadi kalu pesen dr. Gaib itu pernah menyampaikan bahwa rata-rata datang ke poliongkologi Ketika sudah stadium lanjut. Sebelum kesana biasanya keliling dulu nyari pengobatan alternatif akhirnya ia kehabisan waktu. Ketika sudah stadium akhir baru datang ke Poli Onkologi. Padahal ini kan seharusnya masyarakat itu sudah mulai harus betul-betul melakukan pendekatan medis dulu,” tuturnya.

Print Friendly, Pdf & Email