Ribuan Warga Banjarmasin Bayar Zakat Fitrah Di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Reporter: Irwan Saputra Kategori: Kalimantan Selatan, Peristiwa
  • Bagikan
Ribuan Warga Banjarmasin Bayar Zakat Fitrah Di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Liputan 4.com – Banjarmasin.

BADAN Amil Zakat (Baz) Masjid Raya Sabilal Muhtadin telah merampungkan penerimaan zakat fitrah jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Rabu (12/5/2021) malam.

DARI catatan BAZ Masjid Raya Sabilal Muhtadin, ada 665 orang yang telah menyalurkan zakat dalam bentuk uang tunai sebanyak Rp 32.853.000. Sementara, ada 521 jiwa yang berzakat dalam bentuk beras.

Kemudian, masjid raya juga turut menerima zakat maal dari 17 orang dengan nilai Rp 65.130.000. “Sehingga, jika ditotal, maka baik zakat fitrah dan zakat maal ada sebanyak Rp 97.983.000,” kata Sekretaris Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Syamsu Rani kepada Liputan 4.com.

Syamsu menjelaskan, hasil zakat dari warga ini bakal disalurkan kepada sejumlah mustahiq (penerima zakat). Dia mencontohkan yang paling terdekat adalah para satpam, petugas kebersihan, hingga tukang parkir Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

“Kemudian baru diantar kepada warga di luar yang berhak menerima oleh petugas kami. Jadi, warga tidak (perlu) datang lagi ke masjid,” ujar Samsu yang juga Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari ini.

Adapun penyalurkan zakat langsung disalurkan pada Rabu (12/5/2021) malam hingga pagi hari menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri. Ia pun berharap penyaluran zakat dapat berlangsung tertib selama waktu yang telah ditentukan.

Sementara itu, Samsu juga menerangkan untuk pelaksanaan shalat id di masjid raya akan diimami oleh Ahmad Bugdadi. Sedangkan, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Noor Fahmi akan menjadi khatib saat ibadah tersebut.

Dia menambahkan, panitia akan menyiapkan empat orang petugas pengukur suhu tubuh, 10 orang petugas penyedia hand sanitizer, 20 orang petugas jaga jarak khusus laki-laki, serta 12 orang petugas jaga jarak untuk jemaah perempuan.

“Ada juga disiapkan dua orang pengimbau protokol kesehatan. Apabila ada jemaah yang tidak membawa masker, pihak kami akan menyiapkannya,” tutup Samsu.(Gt.Irwan.S).

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan