Rektor Anis Saggaff Kukuhkan Guru Besar Bidang Kimia Fakultas MIPA Unsri

Rektor Anis Saggaff Kukuhkan Guru Besar Bidang Kimia Fakultas Mipa Unsri

Liputan4.com, Palembang – Unsri (Universitas Sriwijaya) kembali gelar kegiatan pengukuhan guru besar bidang ilmu kimia fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) bertempat di gedung serbaguna program pasca sarjana universitas Sriwijaya Padang Selasa Palembang, rabu (2/3/22).

Prof. Hermansyah, S.Si., M.SI., Ph.D., dalam pidato ilmiah dalam pengukuhannya berjudul “eksplorasi yeast untuk produksi bioetanol”. Hadir dalam pengukuhan rektor serta civitas akademika universitas Sriwijaya.


Rektor Anis Saggaff Kukuhkan Guru Besar Bidang Kimia Fakultas Mipa Unsri

Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, IPU., dalam wawancara mengatakan, dengan dilantiknya prof Hermansyah maka bertambah jumlah guru besar dilingkungan kampus Unsri yang berjumlah 41 orang, saya berpesan kepada para lektor kepala didamping wakil rektor satu bersama tim untuk aktif dalam membuat jurnal kita ketahui dalam penulisan harus nyambung dari awal dan akhir penulisan”, ujarnya.

Prof. Hermansyah, S.Si., M.SI., Ph.D., dalam pidato ilmiahnya mengatakan, dalam bidang bioteknologi, yeast menjadi salah mikroorganisme yang banyak digunakan dalam berbagai keperluan pada industri dan penelitian. Yeast salah satu mikroorganisme yang termasuk dalam golongan fungi yang merupakan organisme uniseluler yang secara konvensional digunakan dalam proses fermentasi pada pembuatan minuman beralkohol sejak dahulu. Seiring kemajuan bioteknologi modern, yeast telah berkembang untuk diaplikasikan dalam berbagai keperluan, yaitu :

1. Produksi bioetanol dari substrat generasi pertama, kedua, ketiga;
2. Produksi metabolit chemical sederhana seperti asam rantai pendek maupun senyawa kompleks yang digunakan dalam obat-obatan;
3. Protein recombinant untuk produksi berbagai enzim, vaksin;
4. Model organisme untuk studi mekanisme seluler, katanya.

Salah seorang tamu yang menghadiri pengukuhan guru besar anggota DPRD kota Lubuklinggau dari Fraksi PKS sekaligus juga seorang dosen H. Merismon mengatakan, selamat kepada profesor Hermansyah atas pengukuhan guru besarnya bidang kimia, semoga bertambah berkah untuk profesor beserta keluarga dan Unsri, juga menjadi inspirasi bagi kami para dosen,” pungkasnya.

Print Friendly, Pdf & Email