Rekonstruksi Pembunuhan di Pulau Sembilan : Pelaku Gunakan Parang dan kapak

Rekonstruksi Pembunuhan Di Pulau Sembilan : Pelaku Gunakan Parang Dan Kapak

Liputan4.com, Sinjai – Polsek Pulau IX bersama Sat Reskrim Polres Sinjai dan Penyidik Kejaksaan Negeri Sinjai menggelar Rekonstruksi kasus pembunuhan yang terjadi 22 Mei 2020 lalu di Dusun Kanalo I, Desa Persatuan, Kecamatan Pulau IX, Kabupaten Sinjai, Rabu (17/06).

Rekonstruksi dilakukan di TPU Lempangen, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara dengan alasan keamanan. Tampak hadir dalam proses Rekontruksi ini, yakni Kapolsek Ipda Sasmito, KBO Sat Reskrim Ipda Yantar, Kasi Pidum Kejari Erfa Basmar, personel Polsek dan Polres, dan Jaksa Penuntut Umum Kejari Sinjai.


Pada Rekontruksi, 25 adegan diperagakan dengan melibatkan langsung tersangka Faidul Bin Firdaus (19), warga Desa Persatuan. Dimana diawali tersangka sebelum melakukan perbuatanya hingga korban Lama Bin Doda (68) jatuh tersungkur.

Ipda Sasmito, Kapolsek Pulau 9 mengatakan dari pengakuan tersangka, ia melakukannya karena dilatarbelakangi atas dasar sakit hati. Dalam perbuatanya, tersangka menggunakan dua alat berupa sebuah kapak, dan parang yang menyebabkan korban yang dirawat di Rumah Sakit selama dua hari meninggal dunia.

“Rekonstruksi merupakan salah satu upaya penyidik untuk membuat jelas suatu kasus tindak pidana. Giat kali ini dilakukan atas koordinasi dengan Sat Reskrim Polres Sinjai dan Kejaksaan selaku penuntut umum”, Ucap Sasmito 

Bripka Edi Kurniady Reskrim Polsek Pulau IX, Penyidik tersangka mengatakan yang disangkakan melanggar Pasal 338 Sub Pasal 354 (2) lebih Sub Pasal 351 (3) KUHP tentang Pembunuhan dengan ancaman 15 Tahun Penjara.

“Dan saat ini tersangka masih ditahan di Rutan Polres Sinjai untuk mengikuti pertahapan penyidikan. Penyidik yang menangani menargetkan minggu depan berkas kasus perkara sudah lengkap dan akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Sinjai”, Ucap Kurniady

(Rasyid)

[zombify_post]