PPDB KOTA MEDAN 2022

Puluhan Karyawan Dinkes Dan Relawan Kerahkan Membersihkan Eks RSUD.H.Boenyassin Tala.

Puluhan Karyawan Dinkes Dan Relawan Kerahkan Membersihkan Eks Rsud.h.boenyassin Tala.

 

Liputan 4.com -Tanah Laut.Seiring dengan meningkatnya warga Tanah Laut positif terpapar Covid-19, Dinas Kesehatan setempat siaga antisipasi. Salah satunya mempersiapkan tempat karantina atau fasilitas pelayanan khusus, seperti awal pandemi.


Puluhan pegawai dinkes dan relawan, dikerahkan untuk membersihkan eks Gedung RSUD Hadji Boejasin yang sebelumnya dijadikan tempat karantina dengan kapasitas sekitar 200 tempat tidur. Mereka dibantu pasukan kuning dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Tala.

Pada awal pandemi 2020, eks Gedung RSUD Hadji Boejasin dan Balai Diklat BKPSDM, sempat dipenuhi dengan warga Tala yang terpapar. Namun pada penghujung 2021, kedua tempat karantina ini ditutup dan diganti dengan gerai vaksin.

Menurut Kadinkes Tala, Hj Nina Sandra, pembersihan dilakukan untuk menjaga kemungkinan bertambahnya warga Tala yang terpapar Covid-19.

“Jaga-jaga kalau terjadi lonjakan yang signifikan,” jelasnya, Kamis (24/2).

Setelah pembersihan, seluruh ruangan akan dilakukan penyemprotan disinfektan. Sehingga siap untuk dipergunakan jika dijadikan lagi sebagai tempat karantina.

Karantina ini nantinya hanya akan melayani pasien Covid-19 yang bergejala sedang. Jika ringan diminta untuk isolasio mandiri. Sementara yang menderita penyakit bawaan, akan dikirim ke RSUD Hadji Boejasin Sarang Halang.

Berdasarkan data Dinkes Tala, jumlah warga Tala yang positif terpapar Covid-19 sebanyak 94 orang, naik 30 orang dibandingkan hari sebelumnya. Sedang satu orang asal Kecamatan Pelaihari, dinyatakan sembuh.

Pasien Covid-19 Tala saat ini menjalani perawatan di RSHB Sarang Halang 13 orang. Sementara 81 lainnya, menjalani isolasi mandiri.(Irwan L4/Feb).

Print Friendly, Pdf & Email