PSMTI Ajak Warga Tionghoa Bagi-Bagi Takjil Di Medan

  • Bagikan
PSMTI Ajak Warga Tionghoa Bagi-Bagi Takjil Di Medan

Liputan4.Com Medan – Dalam suasana Ramadhan tahun ini, suasana teduh nan menyejukkan hati menghiasi di Kota Medan, Sumatera Utara. Suasana ini tercermin saat aksi berbagi 3.500 takjil atau panganan berbuka puasa yang dilakukan oleh sejumlah organisasi Tionghoa Medan kepada umat muslim yang melintas di kawasan Lapangan Merdeka Medan dan beberapa ruas jalan Kota Medan.

PSMTI Ajak Warga Tionghoa Bagi-Bagi Takjil Di Medan

Sejumlah organisasi Tionghoa tersebut terdiri dari Persaudaraan wanita Tionghoa Indonesia (Perwanti), Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI), NU Kota medan, Persaudaraan Islam Tionghua Indonesia,(PITI) komunitas Share It You Care (SIYC) dan Yayasan Medan Bagi Peduli serta komunitas Lovely Charity.

Dalam pembagian takjil langsung dikoordinir Pengurus Paguyuban Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Medan untuk membagikan sebanyak 500 paket takjil Ramadhan per hari selama dua pekan sehingga totalnya ada 3.500 paket takjil.

Acara bagi Takjil juga di Hadir oleh Penasehat Psmti Kota Medan Bapak Rudy Hermanto, Angota DPRD Sumut Fraksi PDIP ,di damping Bobby Lim,Rudy Yap OKK Kota Medan , Djoko Darmadi Ketua Harian, Kunjung Sekertaris Sumut, Nelly Tan Bendahara Perwanti,Ketua DPD PiTi Rudi Wijaya, Pengurus NU Ustad Martono, Emiel Hardin Banser NU, Henky Cong Ketua IPTI DPW Sumut,
Samudra ngatimin Sekertaris & Liani bendahara Psmti Kota Medan,Cia Yong Ketua medan Polonia, Jhony Hock,Ketua medan Amplas,Lisa Tio,Bun sin Medan Maimun, Budi Tan Ketua Medan Tembung, Annie Chen Ketua medan Timur, Akok Ketua Medan Kota,Lie Ali Ketua medan Petisah dan seluruh Jajaran Keluarga Besar Psmti Kota Medan Kecamatan & Kelurahan

PSMTI Ajak Warga Tionghoa Bagi-Bagi Takjil Di Medan

Ketua PSMTI Medan Johan Tjongiran mengatakan, kegiatan bagi-bagi takjil tersebut mereka lakukan sebagai wujud toleransi terhadap umat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Kegiatan seperti ini rutin mereka laksanakan sejak Beberapa Tahun yg lalu sampai Hari ini

“Takjil & Nasi kotak kita bagi-bagikan kepada para pengendara sepedamotor,Ojek online,pedagang Angsongan,tukang becak,Kaum duafa dan masyarakat yang melintas. Semoga yang kita berikan bermanfaat bagi mereka,” kata Johan didampingi para pengurus lainnya, Sabtu (8/5/2021).

Johan menjelaskan, kegiatan bakti sosial bagi-bagi takjil Ramadhan yang mereka lakukan juga didukung oleh sejumlah pihak seperti Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumut dan juga Nahdlatul Ulama (NU) Medan.

“Kedepan, kegiatan seperti ini rutin kita lakukan untuk terus meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama,” jelasnya.

Ketua PSMTI Kota Medan, Johan Tjongiran menambahkan, kegiatan berbagi takjil Ramadan berangkat dari kesadaran bersama untuk meningkatkan rasa solidaritas antar etnis, suku, dan agama. Cara berbagi kepada warga yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan secara spontan digelar.

Berbeda dari tahun sebelumnya, untuk tahun ini takjil yang dibagikan jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya, 3.500 paket takjil dan rata -rata 500 paket takjil per hari selama dua pekan.

Johan Tjongiran Ketua Psmti menyebut, kegiatan berbagi takjil yang mereka lakukan dinilai akan lebih tepat sasaran. Para pengguna jalan yang melintasi kawasan Lapangan Merdeka Medan, Masjid Raya, Depan Kantor NU MedanJl.Gaharu ,Jl.Mandala By Pas,Jl Sei sikambing menjadi lokasi pembagian takjil, terlihat antusias dan senang ketika menerima menu berbuka puasa tersebut.

“Kita mendukung segala kegiatan yang sifatnya positif seperti ini. Ke depan, kegiatan seperti ini akan terus kita laksanakan,”

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan