Proyek Tak Kunjung Selesai, Masyarakat Panai Hilir Dambakan Air Bersih

Proyek Tak Kunjung Selesai, Masyarakat Panai Hilir Dambakan Air Bersih

Liputan4.com, Pekerjaan Pamsimas III tahun anggaran 2020 yang dikerjakan bertujuan agar pencapaian Pronas ( Program Nasional ) khususnya ketersediaan air bersih agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar terbengkalai, dan tidak kunjung selesai yang terletak di Dusun I Desa Sei Tawar Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu Propinsi Sumatera Utara. Rabu, ( 20/7/2022 ).

Pantauan dilokasi Pamsimas III Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ) tahun anggaran 2020 yang tampak terlihat melalui plank proyek. Plank Pelaksana Swakelola Masyarakat dengan waktu pelaksanaan 120 hari kerja, tergeletak dibiarkan begitu saja.


Dengan Sub Pekerjaan :
– Sumur Bor Tanah Dalam
– Jaringan Perpipaan
– Menara Reservoar
Yang bersumber dari Dana APBN Rp 245.000.000,. dan Dana APDesa Rp 35.000.000,.
Juga tertera Kontribusi Mayarakat ( Swadaya ) :
– INCAS ( Uang Tunai ) Rp 7.000.000,. yaitu Swadaya masyarakat dalam bentuk uang digunakan untuk operasional kelompok masyarakat.
– INKIND ( Bahan dan Hok ) Rp 63.000.000,. yaitu Swadaya masyarakat dalam bentuk material, tenaga, maupun gotong royong. Tanpak terbengkalai dan belum juga selesai dikerjakan.

Untuk diketahui bahwa Pamsimas ( Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ) bahwa peran serta masyarakat penting demi pencapaian Pronas ( Program Nasional ) yang ada di daerah, dan pelaksanaannya dilakukan oleh masyarakat secara swadaya.

Susianto, Kepala Desa Sei Tawar Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu dihubungi via seluler mengatakan, bahwa Pamsimas tersebut sudah sempat disalurkan sekitar 1 ( satu ) minggu lebih, setelah itu airnya asin. Kemungkinan pecah selang pengeborannya. Dan itu sudah 2 ( dua ) kali dilakukan pengeboran dengan lobang yang berbeda.ucap nya

Sementara Sahroni Nasution, Ketua BPD Desa Sei Tawar Kecamatan Panai Hilir sebut, beliau sudah menjumpai Kepala Desa terkait hal tersebut. Hendaknya secepatnya penyaluran air bersih dari Pamsimas tersebut direalisasikan. Agar kiranya masyarakat dapat merasakannya. Diakui memang kemarin terkendala airnya, memang agak asin dan sedikit berlumpur. Untuk itu harus segera diperbaiki kembali, agar masyarakat tidak ternan nanti.pungkasnya

Proyek Tak Kunjung Selesai, Masyarakat Panai Hilir Dambakan Air Bersih

Print Friendly, Pdf & Email