Praha di Pool B, Usai Bantai Papua, Tim Putra Bali Mengamuk, Babel Dilumat 74-58

Praha Di Pool B, Usai Bantai Papua, Tim Putra Bali Mengamuk, Babel Dilumat 74-58
Cabang Olahraga (Cabor) Basket 5x5 antara Tim Basket Bali (Kostum putih) versus Tim Basket Bangka Belitung (Kostum biru), yang dimenangkan anak-anak Pulau Dewata dengan skor 74-58, di Venue Basket Mimika Sport Complex, Jalan Charitas SP 2 pada Kamis malam (30/09/2021). Foto:Victory Tobias/HumasPPM

TIMIKA |  Pertandingan lanjutan penyisihan grup B bola basket putra mempertemukan Tim Bola Basket Bali melawan Bangka Belitung (Babel) di Mimika Sport Complex (MSC) Jumat (30/9/2021). Pertandingan itu dimenangkan Tim Bali.

Pada quarter pertama pertandingan berjalan berimbang, Bali yang menggunakan kostum putih langsung menekan Babel yang menggunakan kostum biru-biru.

Defense Babel yang bermain kompak, cukup menyulitkan offense tim Bali.

Namun hal tersebut tak bertahan lama, Bali yang pada laga awal menang melawan tuan rumah Papua menjauh melalui tembakan tiga angka dan skema serangan balik cepat (fast break) yang tak dapat dibendung oleh defense Babel.

Babel sebenarnya bukan tanpa perlawanan, beberapa kali pemainnya mendapatkan kesempatan untuk melakukan tembakan tiga angka, namun belum dapat menghasilkan poin.

Selain itu defense kokoh Bali juga menjadi salah satu alasan Babel sulit untuk mencetak angka. Quarter pertama pun berakhir dengan skor 21-7 Bali unggul.

Pada quarter kedua pertandingan offense Babel bermain lebih baik, sehingga beberapa kali dapat mencetak angka baik melalui jump shoot dan tembakan tiga angka.

Namun hal tersebut tidak diikuti oleh defese-nya yang masih sering melakukan defensive foul, sehingga memberikan banyak kesempatan free throw untuk Bali.

Defensive rebound juga patut menjadi catatan penting pelatih Efri Meldi karena anak asuhnya kerap kali kalah dalam duel di paint area sendiri. Selain itu pemain Babel juga tampak terburu-buru saat menyerang.

Kendati demikian, Babel dapat memperpendek jarak perolehan angka empat menit sebelum quarter kedua usai, dengan bermain lebih sabar.

Paruh pertama pertandingan pun usai dengan keunggulan Bali 39-21.
Pada quarter ketiga Babel tampil lebih baik sehingga dapat menipiskan jarak angka menjadi hanya 7 poin, meski begitu Bali tetap unggul 48-41.

Babel berusaha menjaga momentum pada quarter keempat, namun sayang Bali yang tampil dominan sejak quarter pertama kembali menjauh, pertandingan pun berakhir dengan keunggulan Bali 74-58.

Pelatih Tim Bali, I Gusti Ngurah Rustawijaya menyampaikan apresiasi anak asuhnya, kerena sudah menang dua kali pertandingan, dan akan tetap konstiten demi meraih emas.

Kapten Basket Tim Bali, Irvirne Kurniawan, mengatakan mental pemain yang perlu dijaga dalam pertandingan, sehinggga tim bisa meraih kemenangan.

Sementara Pelatih Tim Bangka Belitung (Babel), Zaki Iskandar mengungkapkan, walaupun timnya sudah kalah dalam dua kali pertandingan, namun tetap berjuang untuk menghadapi Tim lain pada pertandingan selanjutnya.

Zaki juga mengakui postur pemain dari tim Babel kecil, hal itu juga mempengaruhi perlawana .

Dikatakan Kapten Babel, Antoni Erga bahwa timnya terlalu buru – buru dalam pertandingan, sehingga membuat mereka kalah.

Humas PPM/Anius Nining/Terry Leisubun)
(redaksi/Papua)