PPDB KOTA MEDAN 2022

PPDB SMP Negeri 4 Banjarmasin Siap Untuk Menerima Sebanyak 256 Siswa Baru

Ppdb Smp Negeri 4 Banjarmasin Siap Untuk Menerima Sebanyak 256 Siswa Baru

Ppdb Smp Negeri 4 Banjarmasin Siap Untuk Menerima Sebanyak 256 Siswa Baru

BANJARMASIN-Liputan 4.com. Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2022-2023 di Kota Banjarmasin masih sama dari sebelumnya. Sejak Senin (20/6/2022) pendaftaran telah dibuka secara online.


Perunjuk teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, ada empat jalur pendaftaran yang disediakan, yakni :

1.Jalur afirmasi
2.Jalur Zonasi
3.Jalur Prestasi

4.Jalur Mutasi orang tua.

“Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Nuryadi menyebut, untuk jalur afirmasi atau siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), kuota yang disediakan minimal 15 persen,”jelas Nuryadi.

Di hari ketiga pendaftaran, SMPN 4 Banjarmasin Pendaftaran dilakukan secara Online, dan tidak seramai tahun-tahun sebelum pandemi. Diketahui, beberapa orangtua wali murid kurang paham dengan cara pendaftaran online.

“Seperti yang diutarakan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Banjarmasin,Bapak H Ahmad Riyadi SPd. MPd pendaftaran dilakukan secara sistem online,” ujarnya.

Sementara, untuk pelaksanaan Daftar Ulang di SMPN 4 Banjarmasin dilaksanakan pada tanggal 4-6 Juli 2022.

“Panitia penerimaan siswa baru hanya membantu mengarahkan, namun pendaftaran tetap dilakukan secara mandiri oleh calon siswa,” tutur Ahmad Riyadi.

Saat disinggung tentang jalur zonasi calon siswa, kepala sekolah SMP N 4 Banjarmasin mengakui bahwa hal itu masih diberlakukan. “Iya, memang benar masih dengan sistem zonasi,”ucap Kepala Sekolah SMP N 4 Banjarmasin.

“Sistem pendaftaran ada beberapa bagian, diantaranya Jalur Prestasi dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Jalur Afirmasi, yang dibuka pada tanggal 20 hingga tanggal 22 Juni tadi. Masing-masing untuk Jalur Prestasi memiliki kuota 20 persen dan untuk Jalur Afirmasi memiliki sekitar 15 persen, dan akan diumumkan pada tanggal Juli” terangnya.

“Selanjutnya, untuk Jalur zonasi nanti akan dimulai pada tanggal 27 Juni hingga tanggal 29 Juni. Dengan kuota sebesar 60 persen, pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online pada 1 Juli mendatang,” bebernya.

SMPN 4 Banjarmasin menyediakan 8 buah Rombel, dengan jumlah kapasitas siswa sebanyak 256 siswa baru. “Untuk siswa jalur mutasi atau perpindahan alamat orangtua, pendaftaran dapat dilakukan secara offline/langsung,” pungkasnya.(Irwan L4).

Print Friendly, Pdf & Email