Poltekpar Palembang Gelar Sosialisasi dan Bimtek, Agar Tercipta Pelayanan Prima 

Liputan4.com, Banyuasin – Politeknik Pariwisata Palembang (Poltekpar) menggelar kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Evaluasi Menu di Hotel Berbintang di Sumatera Selatan yang dilaksanakan di hotel Opi Indah Banyuasin, selasa (29/11/22).

Kegiatan sosialisasi dan Bimtek dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 29 November sampai dengan 1 Desember 2022, adapun peserta yang mengikuti kegiatan adalah karyawan hotel yang ada dikota Palembang departemen F and B ( Makanan dan Minuman).


Instruktur dalam kegiatan sosialisasi dan Bimtek seorang dosen dari Poltekpar Palembang Enos Julvirta Sinuraya, S.ST., M.M., CHE., Cl QnR., menerangkan kegiatan ini adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, ketiganya menjadi poin penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi.

“Pengabdian kepada masyarakat jadi di periode semester pertama kami sudah melakukan penelitian di hotel bintang 5 di Sumatera Selatan, manfaat tujuan kami melakukan penelitian ini untuk kami bisa mengetahui trend pilihan tamu terhadap menu pergeseran pilihan menu dan di semester kedua periode Agustus sampai Desember ini di situlah kami memberikan pengabdian kepada masyarakat yang intinya Kami ingin menginformasikan kepada teman-teman ini loh ternyata trend bisnis di FnB”, ujarnya.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Fokus dalam sosialisasi dan Bimtek ini adalah pelayanan prima terhadap kunjungan tamu di hotel, dimana kita ketahui pandemi yang melanda dunia selama dua tahun bisnis perhotelan paling berdampak terhadap tamu yang datang.

“fokusnya masih kepada pelayanan prima, kami punya harapan dan keyakinan setelah pandemi bisnis pariwisata ini akan bangkit kembali. Hotel-hotel mungkin mulai akan terisi penuh sehingga Menurut kami ini waktu yang tepat waktu yang baik untuk membekali teman-teman ini , 2 tahun ke belakang sudah mungkin jarang berinteraksi karena enggak ada tamu harapan kami pandemi segera berakhir begitu datang tamu teman-teman sudah siap untuk memberikan pelayanan baik itu dari sisi jasa maupun dari sisi produk itu sendiri kalau kita bicara Pelayanan seperti yang saya sampaikan”, katanya.

Ditambahkan lagi oleh Enos para pramusaji harus terbiasa dengan bahasa asing (Inggris) berkomunikasi dengan tamu dari luar.

“pertama mereka harus menguasai produk knowledge Karena untuk mereka bisa berjualan produk mereka harus kuasai dulu, kedua kemampuan komunikasi yang besok akan kita bahas dalam efektif communication jadi mereka ini kita baru bicara masih pakai bahasa Indonesia belum lagi kalau nanti sudah menghadapi tamu asing yang harus berbicara dalam bahasa Inggris, makanya saya tadi dalam setiap sesi ada bahasa-bahasa Inggris yang saya selipkan karena memang itu bukan bahasa asing buat kami karena kami di hotel ini sudah sangat familiar dengan sudah terbiasa harus terbiasa dengan istilah-istilah seperti itu dalam bahasa asing”, pungkasnya.