Polisi Menyapa Dengan Topik Kamtibmas Kondusif, Pilkada Sukses di Tengah Pandemi Covid-19

IMG 20201120 193445

LIPUTAN4.COM, Jayapura – ” Bertempat di Stasiun LPP RRI Pro I Jayapura, telah dilaksanakan dialog interaktif dalam program Polisi Menyapa dengan topik “Kamtibmas Kondusif, Pilkada Sukses di Tengah Pandemi Covid-19”, Kamis (19/11/2020).

Turut hadir sebagai Narasumber  Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H., Ketua Barisan Merah Putih Kota Jayapura Nico Maury dan Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua Albert A. Kabiay dengan pemandu acara Saudara Arul Firmansyah.

Dalam kesempatannya Kabid Humas mengatakan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua hingga saat ini sesuai dengan laporan para Kapolres jajaran cukup kondusif dan akan membawa kita ke penghujung Tahun 2020, dimana Provinsi Papua akan melaksanakan pesta demokrasi yakni Pemilu Bupati/Wakil Bupati di 11 Kabupaten pada tanggal 9 Desember 2020 serta selain itu juga menyongsong perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

“Situasi aman dan damai menjadi harapan bersama oleh Pemerintah maupun masyarakat, namun disisi lain masih mewabahnya Covid-19, maka dari itu tentunya Kepolisian akan tetap mengimbau untuk mentaati Protokol Kesehatan, adapun Maklumat Kapolda Papua yang dikeluarkan hari Sabtu, 14 November 2020 terkait dengan rencana RDPU (Rapat Dengar Pendapat Umum) yang dilakukan oleh MRP tentunya tetap melaksanakan protokol kesehatan, jangan sampai menimbulkan klaster baru,” ujar Kabid Humas Polda Papua.

Kabid Humas Polda Papua juga menambahkan meskipun dari waktu ke waktu daerah Pegunungan Tengah Papua masih terjaga, namun wilayah seperti Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika serta beberapa wilayah lainnya masih memerlukan antisipasi, maka dari itu Maklumat Kapolda Papua disampaikan kepada seluruh masyarakat dan Pihak Kepolisan sendiri agar dapat bertindak tegas dan tidak ragu-ragu dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang tentunya melalui koordinasi berasama Tim Satgas Covid-19 di setiap wilayah.

“Pilkada serentak di 11 Kabupaten Provinsi Papua oleh seluruh komponen masyarakat mendukung proses tahapan yang digelar oleh penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu yang pada saat ini dalam tahapan Kampanye, seperti diketahui bersama tahapan Kampanye saat ini berbeda dengan sebelumnya dimana belum terjadi Pandemi Covid-19, maka dari itu Kepolisian selalu melakukan komunikasi dengan Pihak Penyelenggara, Partai Politik, Tim Sukses untuk memonitor Isu Politik yang berkembang dengan harapan bersama agar Kamtibmas Kondusif, Pilkada Sukses di Tengah Pandemi Covid-19,” ucap Kabid Humas Polda Papua.

Kepolisian akan menghadapi beberapa agenda Pilkada serentak di 11 Kabupaten Papua, Perayaan Natal dan Perayaan Tahun Baru 2021 yang akan menjadi atensi bersama agar angka Covid-19 bisa ditekan kemudain di akhir Tahun 2020 bisa menurun yang kemudian pada Tahun 2021 bisa hidup normal dan kita akan menyongsong PON 2021 yang akan dilaksanakan di Tanah Papua. Intinya apa yang telah dilakukan kami sebagai tokoh pemuda dan warga negara yang ada di tanah papua mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian melalui Maklumat Kapolda.

Ketua Barisan Merah Putih Kota Jayapura dalam kesempatannya mengatakan, melihat Maklumat Kapolda Papua, itu menjadi salah satu tugas pokok Kepolisan sehingga dengan dasar itu seluruh masyarakat dan unsur-unsur terkait harus bersinergi saling memahami seperti yang ada di dalam sistem pemerintahan, itu merupakan hal positif sebagai fungsi kontrol, contohnya yang dilakukan oleh Majelis Rakyat Papua (MRP) dengan melaksanakan Rapat Debat Pendapat (RDP) secara kelembagaan Kapolda Papua sudah memberikan fungsi kontrol dalam bentuk Maklumat yang dikeluarkan.

Hal terpenting jika mau melakukan sesuatu untuk kepentingan orang banyak harus tetap berkoordinasi dan berkomunikasi, sehingga sesuatu apa yang kita inginkan bersama bisa berjalan dengan baik dan berakhir pula dengan baik karena semua untuk kepentingan umum, maka dari itu mari tingkatkan komunikasi bersama supaya apapun yang menjadi tujuan bersama bisa terlaksana dengan baik.

Ada contoh kasus beberapa waktu lalu yaitu penjemputan Habib Rizieq yang mengundang orang banyak untuk berkerumun sehingga melanggar aturan pemerintah tentang larangan berkerumun dan menggunakan masker, dispilin untuk menghindari penyebaran Covid-19 tidak dipatuhi, hal tersebut menjadi pelajaran nyata untuk masyarakat di Papua sehingga harus menjaga agar tidak terjadi hal serupa, maka dari itu mari saling bersinergi untuk membangun Tanah Papua yang Maju, Mandiri dan Sejahtera.

Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua dalam kesempatannya juga mengatakan, kami sebagai pemuda asli Papua dan Perwakilan Mandala Trikora melihat jika aturan yang dikelurkan oleh pemerintah bisa diterapkan oleh seluruh elemen maka tentunya bisa terhindar dari masalah, baik masalah Pandemi Covid-19 dan keamanan menjelang Pilkada serentak di 11 Kabupaten Provinsi Papua.

Apa yang sudah dilakukan oleh Kepolisain Daerah Papua yang telah mengeluarkan Maklumat Kapolda Papua, kalau dibaca dan di pahami dengan baik megedukasi untuk menjaga semua orang agar taat kepada Protokol Kesehatan dan menjaga Kamtibmas sehingga bisa terhindari berbagai masalah. Kami sebagai pemuda asli Papua berharap seluruh elemen masyarakat dapat mendukung, bersinergi bersama pemerintah membangun rasa aman, meningkat taraf hidup yang lebih baik di Tanah Papua.

Diakhir dialog, Narasumber menyampaikan Closing Statement dengan mengatakan bahwa aman dan damai merupakan sebuah impian bersama, mahal harganya, mudah di ucapkan namun yakin bersama semua dapat di wujudkan, impian tersebut bisa diwujudkan menjadi kenyataan dengan cara saling komunikasi dan saling bersinergi oleh seluruh elemen agar mencapai hasil terbaik untuk kepentingan bersama serta siap menyongsong Pesta Demokrasi Pilkada Serentak di 11 Kabupaten Provinsi Papua, Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 serta PON 2021 di Tanah Papua.

 

Penulis : Mario

Sumber : HUMAS POLDA PAPUA

Print Friendly, PDF & Email
KONTEN SPONSOR

Leave a Reply