PPDB KOTA MEDAN 2022

Polisi Berpangkat AKP di Polda Metro Dilaporkan Balik Ibu Mertua ke Mabes Polri

Polisi Berpangkat Akp Di Polda Metro Dilaporkan Balik Ibu Mertua Ke Mabes Polri

JAKARTA, Liputan4.com | Seorang perwira polisi berpangkat AKP yang berdinas di Polda Metro Jaya dilaporkan balik oleh mantan ibu mertua dan adik iparnya.

Polisi berinisial AKP DK tersebut dituduh telah melakukan upaya kriminalisasi terhadap mantan ibu mertua dan adik iparnya. Keduanya dilaporkan dalam kasus pencurian pemberatan oleh AKP DK.


“Saya bersama dengan klien saya ada Ibu Nurmila Sangaji, Claudia Senduk, dan Pak Denny Senduk. Di sini, kami baru membuat pengaduan di Yanduan Mabes Polri atas suatu penanganan perkara pidana di Polda Metro Jaya di Unit Jantanras,” kata Jay Tambunan kepada wartawan, Rabu, 25 Mei 2022.

Jay mengatakan pihaknya melaporkan AKP DK dengan dugaan ketidakprofesionalan atau keberpihakan dan/atau ada kepentingan dari penyidikan atas penangan perkara dugaan pencurian pemberatan yang dituduhkan kepada kedua kliennya.

“Mengapa kami menduga itu keberpihakan, pertama dikatakan pasal 363, 363 tentang pencurian pemberatan, pencurian biasa. Hal ini, tentu sangat janggal karena mereka ini adalah anggota keluarga. Ini ibu kandung dari istrinya, ini adik kandung dari istrinya yang ketika sudah meninggal putrinya, disuruh pergi, tentu sebagai manusia normal akan bawa-bawa barang,” ujarnya.

Menurutnya, wajar jika kliennya membawa barang ketika meninggalkan rumah AKP DK. Jika pun kliennya mencuri, maka bisa disebut sebagai pencurian dalam rumah tangga dan jika benar, setidaknya AKP DK memperingatkan kedua kliennya atau mertuanya.

Ketika bawa barang, tiba-tiba ada laporan yang paling anehnya lagi, kami lihat janggal kenapa disebut pencurian pemberatan?” ucapnya.

Dari kejanggalan tersebut, kata Jay Tambunan, pihaknya menduga kuat upaya penanganan terhadap kedua kliennya ada upaya kriminalisasi yang dilakukan polisi AKP DK dan kemungkinan adanya motif-motif lain.

“Nanti, silakan kita akan uji di pemeriksaan Propam apa, sih yang dimiliki penyidik hingga menaikkan proses penyelidikan ke penyidikan. Berarti kalau sudah dinaikan ke penyidikan, ingin menentukan siapa yang tersangka,” ujarnya.

(Frd/Mch)

Print Friendly, Pdf & Email