PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Pojok UMKM Hadir Di Kejaksaan Negeri Kab. Bekasi

Pewarta: Icun Sanjaya Topik: Ekonomi & Bisnis, Jawa Barat
  • Bagikan
Pojok UMKM Hadir Di Kejaksaan Negeri Kab. Bekasi

Liputn4.com

Kabupaten Bekasi, 28 Juli 2021

Sudah hampir 2 tahun lebih bangsa Indonesia menghadapi situasi terberat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semenjak Covid 19 hadir di Indonesia, sampai dengan pertengahan tahun 2021 ini, banyak sektor kehidupan sosial, budaya, pemerintahan dan perekonomian mengalami pasang surut yang luar biasa. Alhamdulillah, pemerintah terus berupaya menekan agar Covid-19 tidak sampai merusak tatanan kehidupan masyarakat Indonesia.

Sri Sugiiarti UMKM kab. Bekasi
Sri Sugiiarti UMKM kab. Bekasi

Salah satu sektor perekonomian masyarakat kecil yang cukup merasakan dampak pandemi Covid-19 ini adalah jaringan usaha UMKM, tidak saja hanya di Bekasi tetapi juga merambah ke seluruh seantero Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.

Pojok UMKM di Kejari Kab Bekasi
UMKM di Kejari Kab Bekasi

Sektor ekonomi kecil dan menengah, seperti UMKM dan UKM yang bergerak di berbagai lini seperti makanan, minuman, handycarft, dan lain sebagainya, ikut terpengaruh mulai dari produksi sampai kepada pemasaran. Selaku, penggerak UMKM/UKM (usaha kecil menengah) di Kab. Bekasi, Sri Sugiarti. SE. S.Ip merasa prihatin dengan kondisi ini. Sebab, fondasi perekonomian UMKM cukup rapuh dan mudah terpengaruh oleh daya beli masyarakat umum.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan tetap mengacu kepada protokol kesehatan, kita harus mensiasati agar pertumbuhan ekonomi UMKM sekalipun jalan tertatih-tatih namun tetap harus hidup. Mengutip pernyataan Owner Wardah ibu Nurhayati Subakat, “kita harus tetap mengepakkan sayap ekonomi dan kesehatan, seayun dikepakkan sehingga tetap bisa terbang.”

Filosofi inilah yang mesti kita jalankan hari ini, ketika UMKM berhadapan dengan Covid-19. Untuk bisa “terbang” menjalani kehidupan, kedua sayap kita harus tetap dikepakkan, ekonomi tetap tumbuh dan kesehatanpun tetap terpelihara dengan baik. Kondisi inilah kemudian yang mendorong saya selaku penggerak UMKM Kab. Bekasi untuk tetap eksis dan optimis.

Alhamdulillah, lanjut Sri Sugiarti. SE. S.Ip, Ibu Raden Rara Mahayu Dian Suryandari.SH, LL.M selaku Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Bekasi pun ternyata menangkap kepedulian ini dengan memberi ruang untuk “Pojok UMKM” di Kantor Kejaksaan Negeri Kab. Bekasi.

Insya Allah, Rabu besok tanggal 28 Juli 2021, UMKM Kab. Bekasi diwakili oleh Sri Sugiarti, SE. S.Ip selaku Ketua Alisa Khadijah ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia) Kab. Bekasi dan penggerak UMKM akan menanda tangani MoU dengan Kejari Kab. Bekasi Raden Rara Mahayu Dian Suryandari, dimana kemudian UMKM Kab. Bekasi sudah dapat menggunakan ruang yang disediakan untuk menampilkan produk-produk UMKM.
Berbagai produk UMKM seperti produk Sugih Batik, Batik Samara, makanan, minuman, produk hasil pemanfaatan limbah lingkungan yang bernilai jual dan berbagai produk kerajinan handycraft lainnya kita harapkan untuk mengisi ruang “ Pojok UMKM” sehingga UMKM tetap terus dapat mengepakkan sayapnya.

Insya Allah, kita berharap, kata Sri Sugiarti, “kantor-kantor pemerintah di Kab. Bekasi dapat mencontoh gerakan Ibu Kejari ini guna mendukung eksisnya perkembangan ekonomi UMKM di Kab. Bekasi. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh pelaku UMKM di Kab. Bekasi bersama-sama memanfaatkan momentum ini dengan mengisi “Pojok UMKM” dengan berbagai produk seluruh pelaku UMKM,” ucapnya.(ics)

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan