PPDB KOTA MEDAN 2022

Plt Bupati Palas Pimpin Apel Keselamatan Toba 2022

Plt Bupati Palas Pimpin Apel Keselamatan Toba 2022

Liputan4.com  PadangLawas
Padang Lawas-Plt. Bupati Padang Lawas drg. H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM. M,Si bertindak sebagai pimpinan Apel Gelar Pasukan Operasi Mandiri Tahun 2022. Peserta Apel terdiri dari Forkopimda Kabupaten Padang Lawas.

Kegiatan Apel Keselamatan Toba 2022 dilaksanakan di halaman Mapolres Padanglawas, Senin (13/06/2022), apel juga di hadiri Kapolres AKBP. Indra Yanitra Irawan SIK. M,Si, Wakapolres Kompol, JW Sijabat S H.para PJU Polres Palas, pimpinan Forkopimda dan para pimpinan OPD.


Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara Irjen Pol.Drs, R. Z. Panca Putra S, M.Si mengamanatkan, dan di bacakan oleh PLT Bupati selaku Pimpinan Apel, operasi patuh toba 2022″ bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran kecelakaan dan angka fatalitas lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan, ketertiban dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah provinsi sumatera utara ‘, kata Plt Bupati.

Kondisi tersebut tercermin pada jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Provinsi sumatera utara sepanjang tahun 2022 sebanyak 2.562 kasus dan jumlah pelanggaran lalu lintas sebanyak 79.281/ pelanggaran. Operasi kepolisian mandiri kewilayahan “patuh toba 2022 pada tahun ini mengambil tema “Tertib berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa”, operasi berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 13 juni sampai dengan 26 juni 2022.’,Paparnya.

“Operasi Keselamatan Toba 2022 bertujuan mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang pelanggaran lalu lintas baik sebelum, pada saat dan pasca operasi, adapun sasaran operasi patuh toba-2022 diantaranya,’, terang Zarnawi.

Kendaraan bermotor yang tidak layak jalan dan kendaraan yang digunakan untuk balap liar, kendaraan bermotor yang tidak sesuai standar pabrikan, menambah panjang rangka atau merubah spektek, kendaraan bermotor pribadi yang menggunakan sirine/rotaror/strobo bukan untuk peruntukannya,bernomor registrasi kendaraan bermotor yang tidak sesuai aturan/spektek, terang Plt Bupati. Operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis serta penegakan hukum secara elektronik maupun teguran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19′, terangnya lagi.

Dengan demikian seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan operasi nantinya agar memahami cara bertindak yang harus dilaksanakan pada operasi “patuh toba-2022″ sebagai berikut,’ imbuh Plt Bupati.

Melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi tempat rawan macet, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait kamseltibcar lantas melalui kegiatan sosialisasi pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta sosialisasi melalui media cetak elektronik dan media sosial.”katanya.

Sambungnya, untuk memberikan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas, agar memanfaatkan perangkat rtmc (regional traffic management center) sebagai sarana untuk melaksanakan penegakan hukum secara elektronik dengan menggunakan sistem etle, melakukan counter opinion terhadap berita – berita hoaks di media sosial online maupun mainstream terkait operasi patuh toba 2022.’, Pungkas Zarnawi.

Penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan Polri, TNI, Dishub dan Satpol, terpasangnya pita menandai dilaksanakanya operasi Keselamatan Toba 2022.
(Sbn)

Print Friendly, Pdf & Email